Saturday, September 19, 2020
Home Selular Congress Blibli Meraih Best E-commerce di SA 2020

Blibli Meraih Best E-commerce di SA 2020

-

Jakarta, Selular.ID – Untuk kategori Best E-commerce di Selular Award 2020, Blibli dinobatkan sebagai pemenang, dan mampu mengalahkan nominasi lainnya, seperti Tokepedia, Shopee, Lazada dan JD.

Untuk Kategori Best E-commerce ditujukan kepada Blibli cukup tepat. Sebagai E-commerce lokal, Blibli.com berkonsep lifestyle online mall, memberikan pilihan kepada konsumen untuk mencari berbagai perlengkapan dengan mengunjungi delapan kategori produk sesuai kebutuhan, yaitu handphone, elektronik, perlengkapan wanita dan perlengkapan pria,  perlengkapan Anak, hobby, dan makanan.

Tidak hanya itu Blibli juga dinilai banyak kelebihan.Adanya gratis ongkir untuk wilayah tertentu. Blibli membebaskan biaya ongkos kirim untuk berbagai barang di berbagai kategori tanpa jumlah pembelian minimal.

Meskipun beberapa marketplace lain juga memberikan gratis ongkir, namun masih menggunakan berbagai syarat, hanya untuk beberapa kota tertentu, dengan berat barang tertentu, atau dengan pembelian minimal. Tidak demikian dengan Blibli, berbagai barang dapat dikirimkan ke seluruh Indonesia, bahkan tanpa pembelian minimal sehingga membantu untuk lebih hemat dalam berbelanja.

Customer service center di Blibli berkomitmen selama 24 jam untuk memenuhi kebutuhan dengan kualitas pelayanan terbaik. Jadi, customer dapat menanyakan berbagai informasi dan meminta bantuan bila menemui kesulitan saat berbelanja di Blibli. Customer service yang mudah dihubungi lewat livechat, akan sangat dibutuhkan ketika mengalami permasalahan ataupun kejadian yang belum dipahami.

Blibli ini juga banyak memiliki kategori yang berbagai macam yang bisa dicari sesuai dengan kebutuhan. Setelah menemukan barang yang dipilih di Blibli, selanjutnya cukup melakukan proses transaksi dengan tiga langkah mudah, add to cart, pilih metode pengiriman dan pembayaran, dan selesaikan transaksi sesuai dengan pilihan pembayaran.

Blibli bekerja sama dengan penyedia jasa teknologi, mitra logistik, perbankan serta mitra dagang dengan standar tertentu untuk menciptakan sistem back-end yang bisa memenuhi kebutuhan pengguna Blibli.

Bagaimana dengan nominasi lainnya? Sebagai nominasi di Best e-commerce, Tokopedia, menyediakan hampir semua yang dijual dapat dengan mudah ditemukan di situs jual beli Tokopedia. Hal ini tentu akan sangat memudahkan para pembeli yang tidak mempunyai waktu luang untuk berbelanja di toko dan tidak ingin terlalu ribet. Tokopedia dilengkapi fitur mesin pencari atau search engine yang memudahkan pembeli dalam menentukan dan mencari barang yang diinginkan.

Tokopedia memiliki banyak fitur yang bisa menjadi andalan. Salah satunya adalah dengan adanya fitur pre-order.Fitur Pre-Order di Tokopedia memudahkan masyarakat untuk melakukan pembayaran terlebih dahulu sebelum mendapatkan barang yang harus diproduksi dalam waktu tertentu, misalnya produk custom atau buatan tangan para kreator lokal. Kekurangan Tokopedia sering terjadi eror. Hal tersebut terjadi karena adanya maintenance sehingga membuat pengguna tidak nyaman ketika hal ini terjadi.

Sebagai nominasi berikutnya adalah Shopee, e-commerce mudah sekali untuk digunakan. Jadi, buat yang belum pernah belanja di Shopee, tidak akan menemui kesulitan. Ketika digunakan, aplikasi Shopee cukup ringan sehingga tidak memakan banyak memori. Jangan khawatir jika smartphone yang digunakan memiliki memori kecil.

Di Shopee sendiri sudah menyediakan berbagai cara pembayaran besarta langkah-langkahnya. Pengguna bisa melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit, transfer bank, Indomart, Alfamart, Shopeepay, Shopee Paylater, OneKlik, Kredivo, cicilan kartu kredit hingga COD (Cash on Delivery).

Namun, Shopee memiliki ketentuan promo gratis yang harus dipenuhi. Ketentuan untuk mendapatkan gratis ongkir pun tidak bisa didapatkan. Jadi promo gratis ongkir tidak bisa dikatakan bisa dinikmati oleh siapapun. Selain itu, keterbatasan promo gratis ongkir sering dikeluhkan oleh pembeli. Terkadang saat membeli sesuatu dan ingin menggunakan promo ini, justru tidak bisa digunakan lagi.

Lazada sebagai nominasi di Best E-commerce sudah diperhitungkan masuk nominasi kategori tersebut. Pasalnya, situs belanja online yang satu ini memang cukup mempunyai banyak pengguna di Indonesia. lazada ini cukup bersahabat dengan penggunanya. Bebas ongkos kirim untuk beberapa wilayah tertentu di Indonesia. Melayani COD atau Cash On Delivery, hal ini berguna bagi para pembeli yang merasa kurang percaya dan takut akan adanya penipuan. Sayangnya, fasilitas COD masih terbatas di wilayah sekitar Jakarta saja. Sehingga untuk daerah-daerah lainnya masih harus menggunakan fasilitas jasa kirim barang.

Konfirmasi pembayarannya pun terbilang lama. Hal ini sering membuat para pembelinya merasa khawatir.

Nominasi Best E-commerce lainnya adalah JD, JD merupakan e-commerce yang terafiliasi dengan JD.com asal China, menghadirkan pusat pengalaman belanja berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/ AI). Jd.Id X bahkan disebut menjadi pusat pengalaman belanja futuristis pertama di Asia Tenggara.

Sayangnya sejumlah responden yang memilih berdasarkan poling, menyebutkan produk yang dijual JD belum begitu lengkap. Hal ini berdasarkan review pelanggan yang menggunakan jasa Jd.id. Kekurangan lainnya jika dibandingkan dengan e-commerce yang telah populer seperti Lazada, Jd.id dikatakan kurang populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Latest