Tuesday, July 14, 2020
       
Home Review Smartphone & Gadget Terlengkap Review Realme X3 SuperZoom: Performa Tangguh, Kamera Super

Review Realme X3 SuperZoom: Performa Tangguh, Kamera Super

-

Jakarta, Selular.ID – Berusaha menjadi brand Tech Trendsetter, realme terus melengkapi jajaran produknya mulai dari kelas entry-level hingga kelas flagship. Usai sukses meluncurkan smartphone premiumnya, realme kembali menghadirkan ‘Hero Product’ di Indonesia, yaitu realme X3 SuperZoom. Perangkat andalan realme itu turut mengisi jajaran smartphone flagship di Tanah Air.

Seri X dari realme yang dikenal sebagai seri premium secara konsisten menghadirkan teknologi mutakhir dan desain kekinian. realme X3 SuperZoom sendiri akan meneruskan kesuksesan dari seri X sebelumnya, yang menjadi flagship favorit dalam kisaran harga Rp 6-8 juta rupiah. realme X3 SuperZoom dirancang dengan sebuah teknologi dan desain terkini serta build quality yang baik berbanderol harga bersahabat yang disukai oleh anak muda.

Kali ini, Selular.ID berkesempatan untuk mencoba realme X3 SuperZoom. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait keunggulannya, yuk simak ulasan realme X3 SuperZoom berikut ini

Review realme X3 SuperZoom

Paket Penjualan

Realme X3 SuperZoom

Sebelum masuk ke review lainnya, lebih baik Kita bahas dari sisi packaging. realme X3 SuperZoom menyuguhkan paket lengkap, seperti pengisian daya cepat 30W yang biasanya dijual terpisah oleh vendor lain.

Satu paket realme X3 SuperZoom juga berisi SIM ejector, jelly case, kabel USB Type C. Tak lupa kartu garansi resmi dan buku panduan pengguna dari realme Indonesia.

Desain

Secara fisik, realme X3 SuperZoom menampilkan kesan memukau berkat pantulan holografik khas ‘realme’. Perpaduan warna putih dengan sedikit kilau kehijauan membangun tampilan mewah sebagai smartphone Flagship. realme menyebutnya dengan warna Arctic White yang diibaratkan bagai sebuah daratan salju berselimut es.

Ponsel berbobot sekitar 200gr masih nyaman digenggam meski dengan satu tangan saja, cocok jika digunakan sebagai perangkat harian. Terlebih, realme X3 SuperZoom mengemas bentang layar seluas 6,6 inci.

Perangkat juga sudah mengadopsi teknologi populer saat ini berupa pemindai sidik jari yang menyatu dengan tombol power di sayap kanan. Bergeser sedikit, sayap kiri realme X3 SuperZoom hanya dihuni oleh tombol pengatur suara up and down.

Sedangkan, sisi bawah perangkat dipenuhi oleh slot SIM Card, lubang pengisian daya, lubang speaker dan Microphone tanpa lubang audio Jack.

Layar

realme X3 SuperZoom hadir dengan bentang layar seluas 6,6 inci yang sudah menyajikan kemampuan Ultra Smooth Display berkat refresh rate 120Hz. Dengan teknologi itu, kemampuan layar X3 SuperZoom terasa responsif, cepat, tanpa delay saat bermain game.

Di sisi lain, X3 SuperZoom juga mendukung refresh rate 60Hz yang lebih hemat daya, namun tetap nyaman saat bergulir antar aplikasi. Menariknya, Dual In-Display realme X3 SuperZoom mampu menghasilkan efek lampu menyala di tepi kamera saat mengaktifkan sistem keamanan Face Unlock.

Dengan begitu, pengalaman visual terbaik juga tersaji di realme X3 SuperZoom yang sudah beresolusi FHD+ dengan screen to body ratio mencapai 90%.
Ketahanan layar X3 SuperZoom dilundungi oleh Corning Gorilla Glass 5 yang sudah terjamin kualitasnya. Sedangkan, untuk melindungi pengguna, realme X3 SuperZoom memiliki fitur Eye Protection yang mampu mengurangi radiasi cahaya ke mata, sehingga tetap aman menatap layar dalam waktu yang lama.

Baca juga: Jelang Peluncuran, Harga Realme X3 SuperZoom Muncul di E-commerce

Kinerja

realme patut berbangga dengan performa ‘ngebut’ yang dihasilkan realme X3 SuperZoom berkat Qualcomm Snapdragon 855 Plus 7nm, yang mengintegrasikan CPU Kyro delapan-inti dan GPU Adreno 640. Sehingga kinerjanya tak perlu diragukan lagi, mampu menjalankan aplikasi atau game berat sekalipun dengan lancar.

Ruang penyimpanan sebesar 12GB/256GB juga semakin mendukung performa gaming realme X3 SuperZoom. Terlebih, realme X3 SuperZoom meraih skor Benchmark lebih dari 510.000, tertinggi di antara ponsel lainnya yang juga menggunakan Snapdragon 855 Plus.

Khusus performa baterai, realme X3 SuperZooom bisa dijuluki ‘Lama habis tetapi Cepat Penuh’. Baterai berkapasitas 4200mAh mampu bertahan selama 2 hari tanpa bermain game. Jika Kalian hobi gaming, bisa bertahan seharian. Sedangkan, pengisian daya hanya memerlukan waktu sekitar 50 menit untuk terisi penuh berkat teknologi 30W Dart Flash Charge.

Kamera

realme X3 SuperZoom tiba dengan konfigurasi Quad Camera berkekuatan 8MP 5x periscope telephoto lens, 2MP macro lens, 64MP main camera, dan 8MP 119° ultra wide-angle. Perpaduan lensa tadi bisa menghasilkan gambar beresolusi tinggi dengan detil yang tajam tanpa blur.

Tampilan warna yang didapat juga sudah sangat baik dengan fitur Chroma Boost khas ‘realme’. Ultra-wide lensa memungkinkan untuk mengambil foto dengan objek lebih luas, tanpa mengurangi keidahan objek sedikit pun. Khusus, lensa periskop 8 Megapiksel mampu mendukung smooth zoom dari 0.5X ke 60X hybrid zoom. Ini sangat membantu ketika ingin mengambil objek dengan jarak yang cukup jauh.

Kemampuan kamera juga diperkuat dengan fitur pendukung, seperti Ultra Night Mode dan Starry Mode. Ultra Nightscape mendukung potret adegan malam lebih nyata. Bahkan di lingkungan cahaya rendah setara 1 Lux, dapat mengambil gambar malam yang jelas, cerah, dan berkualitas tinggi. Khusus Starry Mode, bakal dijelaskan secara detil pada tahap selanjutnya.

Beralih dari itu, kualitas gambar yang dihasilkan sangat baik tanpa adanya blur akibat guncangan, berkat teknologi Optical Image Stabilization (OIS). Di bagian depan, kamera Dual In Display mampu mendukung foto ‘Wefie’ dengan perpaduan lensa 32 Megapiksel dan 8 Megapiksel wide-angle camera. Kamera depan dipasangkan Edge Deformity Correction yang dapat mengenali wajah dan secara otomatis mengoptimalkan kontur wajah ketika Anda memotret di tepi foto. Berikut beberapa hasil foto dari Realme X3 SuperZoom:

Starry Mode

Starry Mode hadir secara eksklusif di flagship realme X3 SuperZoom. Sebagai informasi, fitur ini menggunakan algoritma AI yang dikombinasikan dengan paparan ultra-long exposure and multi-frame synthesis untuk secara cerdas meningkatkan ketajaman dan kecerahan bintang.

Starry Mode berfokus memaksimalkan 4 alat utama fotografi, berupa waktu rana, senstivitas ISO, jarak fokus, white balance yang dapat membantu menangkap langit berbintang. Tak lupa juga memanfaatkan lensa utama 64 Megapiksel serta lensa periskop 5x 8 Megapiksel.

Sayangnya, selama beberapa hari ini langit malam di Bekasi tidak mendukung akibat cuaca mendung yang terus melanda, sehingga Selular.ID belum berkesempatan menangkap jernihnya bintang malam dengan Starry Mode realme X3 SuperZoom. Namun Selular.ID akan mencoba ketika kondisi langit mendukung untuk membuktikan kehandalan Starry Mode, yang pertama dikembangkan oleh tim riset kamera realme.

realme UI

realme UI yang berbasis pada Android 10, sudah dibangun dengan menawarkan pengalaman Android yang lebih baik dan lebih dekat, terutama bagi kalangan muda. Tampilan setiap ikonnya tampak trendi dan penuh warna.

Alhasil, realme UI tampak menyenangkan untuk digunakan. realme X3 SuperZoom sendiri sebagai smartphone flagship membawa lebih banyak fitur terbaru melalui realme UI, seperti dark mode yang sudah menjadi fitur wajib saat ini.

Fitur Lainnya

realme X3 SuperZoom hadir dengan speaker super linier dengan 12mm. Fitur ini sudah mendukung Dolby Atmos dan Hi-Res Sound Quality dengan kualitas suara yang mendobrak batasan baru dalam audio, sehingga menjanjikan pengalaman mendengarkan yang lebih baik.

Sebagai smartphone flagship, realme X3 SuperZoom juga tersedia fitur, Liquid Cooling System yang sudah ditingkatkan memiliki cakupan efektif sebesar 100% dari sumber panas internal. Sehingga, mampu menurunkan suhu inti perangkat agar kinerja dan kecepatan tetap stabil. Tak hanya itu, secara fisik, realme X3 SuperZoom dilengkapi dengan tiga lapisan waterproof untuk menjamin kualitas dari dalam ke luar. Sebagai smartphone kelas flagship, X3 SuperZoom juga tak melewatkan fitur NFC yang mempermudah bertransaksi secara digital.

Kesimpulan

Dengan sederet hasil review yang sudah dibahas tadi, realme X3 SuperZoom cocok bagi Kalian yang ingin mendapatkan smartphone flagship berkelas dengan performa dan kamera ‘Super’. Hal super lainnya adalah banderol harga dibawah Rp10 juta untuk sebuah smartphone flagship. Perangkat ini bisa menjadi andalan baik dari sisi performa, maupun kamera ‘SuperZoom’ miliknya.

Latest