Beranda News Enterprise Gunakan Teknologi AI, GBG dan CredoLab Sajikan Skor Nasabah

Gunakan Teknologi AI, GBG dan CredoLab Sajikan Skor Nasabah

-

Jakarta, Selular.ID – Permasalahan klasik yang dialami perbankan dalam memberikan layanan kredit adalah keterlambatan pembayaran tagihan. Dengan memanfaatkan teknologi digital dan AI, masalah itu bisa dihindari.

Untuk itu perusahaan teknologi manajemen fraud digital GBG mengumumkan kemitraan dengan CredoLab, pengembang Teknologi Skor Digital untuk Bank, dalam menyajikan data berdasarkan metadata dari ponsel yang telah melalui proses izin pengguna.

Data itu digunakan untuk menilai kelayakan kredit seseorang, terutama mereka yang tidak memiliki rekening bank dan yang tidak memiliki riwayat kredit (unbanked population). Dengan begitu, bank akan mengetahui seseorang yang mengajukan pinjaman kredit, layak atau tidak.

Selama ini, Bank di Indonesia memanfaatkan Biro Statistik Lokal, perusahaan Telekomunikasi dan penyelenggara e-Commerce untuk data dalam melakukan pemeriksaan kredit dan penipuan, namun data masih terus terfragmentasi dan sejauh ini masih belum dapat diandalkan.

Hal ini mengakibatkan banyak terdapat pinjaman bermasalah, tingkat persetujuan pinjaman yang rendah dan kasus penipuan yang marak.

Kemitraan ini akan membantu Bank konvensional dan Bank digital untuk memanfaatkan jejak digital ponsel dalam memproses aplikasi perbankan dan kredit yang diajukan konsumen.

Di Indonesia, 92 juta atau lebih 50% dari 181 juta orang yang memiliki kualifikasi untuk mendapatkan layanan bank dan kredit, masih belum atau tidak memiliki akses ke produk keuangan (unbanked) karena kurangnya catatan atau riwayat bank.

Dan hal ini tidak hanya terbatas pada individu, jutaan perusahaan kecil dan menengah juga menghadapi kesenjangan pendanaan yang besar.

June Lee, Managing Director GBG APAC, mengatakan, “Dengan menggabungkan metadata pada jejak digital konsumen dan teknologi perilaku ke dalam platform digital GBG Instinct, kami melihat peningkatan dalam perlindungan kredit dan risiko penipuan hingga 40%.”

Dikatakan June, penggabungan layanan ini membantu bank-bank digital dan pemberi pinjaman, dalam menyasar populasi yang masih belum tersentuh layanan finansial (unbanked) secara penuh dan lebih baik.

GBG menawarkan solusi terhadap Fraud Digital dan Compliance secara lengkap bagi lembaga keuangan perbankan dan nonperbankan yang ingin bergabung dan bertransaksi dengan pelanggan mereka dengan cepat dan aman.

Dengan GBG Instinct, Bank, Lembaga Pemberi Pinjaman dan Dompet Ponsel dapat memanfaatkan data yang ada di layanan cloud CredoLab di Jakarta.

Proses ini hanya memerlukan waktu beberapa detik, untuk dapat menganalisa data perilaku ponsel pengguna dan menghitung skor risiko dari setiap individu yang akan didaftarkan.

Hasil dari kemitraan ini akan meningkatkan kemampuan prediksi Kartu Skor Risiko hingga 39,9%, penurunan biaya risiko hingga 21,9%, dan peningkatan tingkat persetujuan kredit hingga 32%.

“Solusi GBG akan menunjukkan perilaku mencurigakan dari calon nasabah yang “tidak dapat atau tidak mampu membayar”, dan Skor Risiko perilaku CredoLab, akan memperkecil kemungkinan dan potensi calon nasabah nakal yang cenderung tidak memiliki minat untuk membayar cicilan kredit,” jelas Peter Barcak, CEO dan Co-Founder, CredoLab.

Kemitraan ini akan memungkinkan semua bank di Indonesia baik konvensional dan digital serta pemberi pinjaman digital untuk dapat mengakses populasi masyarakat yang belum tersentuh layanan bank dan kredit (unbanked), memberi persetujuan pada calon nasabah berkualitas dengan data yang diperlukan untuk mempercepat orientasi, mendeteksi fraud, dan mengurangi biaya operasional.

Buyer's Guide

Samsung Galaxy A21s Kini Tampil dengan Warna dan Memori...

Jakarta, Selular.ID - Samsung Indonesia kembali menghadirkan varian baru dari Galaxy A21s. Perangkat lini...

7 Smartphone Xiaomi dengan Fast Charging Hingga 65W

Jakarta, Selular.ID – Bulan lalu kami menghadirkan panduan belanja tujuh smartphone Xiaomi dengan fitur...

5 Smartphone Oppo dengan Quad Camera Terbaik

Jakarta, Selular.ID -   Kamera kini menjadi salah satu fitur penting dalam memilih sebuah smartphone....

Smartphone Refresh Rate 90Hz Harga Rp2 Jutaan

Jakarta, Selular.ID - Bagi penggemar game mobile, teknologi refresh rate sangat diperlukan supaya bisa...

Xiaomi Redmi 9 Lunar Gold Meluncur di Indonesia

Jakarta, Selular.ID - Xiaomi kembali merilis anggota baru dari jajaran Redmi 9 Series. Perangkat...

Oppo Reno4 Pro Banting Harga

Jakarta, Selular.ID - Memasuki bulan November, dua ponsel Oppo mendapat penyesuaian harga. Baru diluncurkan...

Artikel Terbaru

Kategori Terkait