Saturday, May 30, 2020
Home Apps TikTok Siapkan 3 Pilar untuk Tangani Konten Negatif

TikTok Siapkan 3 Pilar untuk Tangani Konten Negatif

-

Jakarta, Selular.ID – beberapa waktu terakhir, banyak pengguna internet yang kurang bijak dalam membuat konten. Alhasil, muncul beberapa konten negatif.

Donny Eryastha, Kepala Kebijakan Publik TikTok Indonesia, Malaysia, dan Filipina turut merespon hal ini. Perwakilan TikTok itu mengatakan bahwa ada 3 Pilar yang dipersiapkan untuk menjaring konten negatif di Platformnya. Pertama, diawali dari paduan komunitas.

“Kebijakan ini akan menggaris bawahi konten negatif terlebih yang berkaitan dengan COVID-19 dan jika ada Kreator yang melanggar kebijakan ini maka pihak TikTok akan secara otomatis melakukan takedown konten yang melanggar tersebut,” tutur Donny, lewat live conference, Senin (19/5).

Baca juga: Gandeng Gugus Covid-19, TikTok Ajak Pengguna Mudik Online

Upaya kedua ditempuh dengan mengandalkan Machine Learning (ML) dan Human Reviewer yang bekerja selama 24 jam. Menariknya, TikTok secara khusus mempekerjakan Human Reviewer langsung dari negara yang ingin dijaring kontennya.

“TikTok memiliki karyawan yang kita sebut Human Reviewer yang berkerja 24 jam, tugasnya melakukan pengecekan terhadap konten-konten yang dibuat, setiap negara seperti Indonesia memiliki petugasnya masing-masing yang mengerti bahasanya,” terang Donny.

Terakhir, Donny mengaku pihaknya juga melakukan edukasi kepada para konten Kreator terkait dampak dari konten yang dibuat. Tak lupa juga mengingatkan untuk mematuhi kebijakan TikTok yang berlaku.

“Agar mereka (Kreator) semua lebih mengerti konten seperti apa yang boleh dan tidak boleh, kita ada edukasi lewat kampanye #samasamanyaman, untuk menayangkan Video yang mendidik,” tutup Donny.

TERBARU

IdeaHub, Papan Tulis Cerdas Besutan Huawei

Jakarta, Selular.ID - Huawei meluncurkan white board pintar dalam seri IdeaHub generasi terbaru, yakni...

Zilingo Berikan Kado Spesial Lebaran Untuk Dunia Pendidikan

Jakarta, Selular.ID - Zilingo dan platform penggalangan dana BenihBaik.com bekerja sama, menghadirkan program penyaluran...

Gelar Acara 5 Juni, Sony Rilis PS 5?

Jakarta, Selular.ID - Usai cukup lama bungkam, Sony akhirnya mengumumkan bakal menggelar acara pada...

Latest