Saturday, May 30, 2020
Home News Market Update Penjualan Smartphone Nokia Terjun Bebas

Penjualan Smartphone Nokia Terjun Bebas

-

Jakarta, Selular.ID – HMD Global menghidupkan kembali merek Nokia lebih dari tiga tahun yang lalu dan mengalami kesuksesan instan. Penjualan naik dari hanya 100.000 unit di Q1 2017 menjadi lebih dari 4,4 juta di Q4 2017 dan kemudian tetap cukup stabil sepanjang 2018.

Namun sejak tahun lalu, perusahaan Finlandia mulai mengalami kesulitan. Penjualan turun di setiap kuartal kecuali Q2 2019, dan data terbaru menunjukkan 2020 bisa lebih buruk.

Data pasar yang dikumpulkan Counterpoint Research menunjukkan HMD Global hanya mengirim 1,7 juta smartphone selama kuartal pertama 2020.

Angka itu turun 45,2% YoY, lebih dari tiga kali lipat penurunan pasar rata-rata selama periode yang sama.

Lebih buruk lagi, Q1 2020 adalah kuartal ketiga berturut-turut di mana penjualan smartphone Nokia turun setidaknya 1 juta unit. Ini juga merupakan kuartal terburuk sejak Q2 2017, ketika 1,4 juta unit dikirimkan.

HMD Global adalah nomor 13 dalam daftar produsen smartphone global terbesar pada kuartal terakhir, menurut Counterpoint Research.

Hasil ini mungkin dipengaruhi oleh pandemi COVID-19 yang mulai melanda Eropa pada bulan Maret, tetapi penurunan yang begitu besar menunjukkan animo yang buruk dari peluncuran smartphone terbaru.

Perusahaan sekarang bertaruh besar-besaran pada Nokia 8.3 5G untuk menaikkan kembali penjualan. Dan dengan permintaan yang masih rendah di Eropa, kuartal kedua bisa berakhir bencana bagi smartphone Nokia.

TERBARU

IdeaHub, Papan Tulis Cerdas Besutan Huawei

Jakarta, Selular.ID - Huawei meluncurkan white board pintar dalam seri IdeaHub generasi terbaru, yakni...

Zilingo Berikan Kado Spesial Lebaran Untuk Dunia Pendidikan

Jakarta, Selular.ID - Zilingo dan platform penggalangan dana BenihBaik.com bekerja sama, menghadirkan program penyaluran...

Gelar Acara 5 Juni, Sony Rilis PS 5?

Jakarta, Selular.ID - Usai cukup lama bungkam, Sony akhirnya mengumumkan bakal menggelar acara pada...

Latest