Friday, May 29, 2020
Home News Telco Kebutuhan Jaringan 4G Di tengah Pandemic Covid-19

Kebutuhan Jaringan 4G Di tengah Pandemic Covid-19

-

Jakarta, Selular.ID – Mengutip laporan dari Nokia Deepfield, terjadi lonjakan pada jaringan operator secara global akibat meningkat penggunaan layanan terutama jasa data. Nokia Deepfield melihat terjadi peningkatan trafik sebesar 30-50% (biasanya terjadi di malam hari) selama beberapa minggu terakhir pada wilayah yang terdampak pandemi Covid-19.

Sebagian besar peningkatan terjadi pada layanan video berlangganan (seperti Netflix dan YouTube), di mana trafik Netflix meningkat antara 54-75% pada beberapa kasus.

Selanjutnya terdapat juga pertumbuhan 400% pada gaming, dan kenaikan 300% pada aplikasi teleconference di wilayah Amerika Serikat (seperti Zoom, Skype) dikarenakan semakin banyaknya publik yang menjalankan aturan bekerja dari rumah.

Beruntung Indonesia sudah memasuki era 4G sejak tahun 2015 lalu sehingga aktivitas online tersebut dapat dilakukan dengan nyaman mengingat pandemi Covid-19 telah “memaksa” semua pihak untuk beraktivitas secara online.

Dengan menggunakan 4G maka kecepatan komunikasi jauh lebih baik dibandingkan dengan jaringan sebelumnya. Kecepatan trasfer data pada jaringan 4G minimal sebesar 100 megabit per detiknya. LTE menjadi teknologi untuk mendapatkan standart jaringan 4G yang bisa diterapkan pada game maupun TV.

Perusahaan mobile analitik Opensignal pada bulan Desember 2019 mengeluarkan laporan yang menemukan bahwa ketersediaan jaringan 4G di Indonesia semakin membaik.

Berdasarkan laporan dari Opensignal juga bahwa operator seluler Smartfren merajai Ketersediaan 4G di Indonesia.

Smartfren berhasil mempertahankan posisi puncaknya dalam Ketersediaan 4G, meningkatkan skornya sebesar lebih dari satu poin persentase sehingga melampaui nilai 95%. Hal ini tidak pernah dicapai oleh operator Indonesia sebelumnya dalam analisis Opensignal.

Smartfren ternyata lebih unggul dalam ketersediaan 4G dibanding Tri, XL, Telkomsel, dan Indosat. Adapun ketersediaan 4G Smartfren sudah mencapai 96,4 persen, di mana keempat operator seluler yang tadi disebutkan masing-masing memiliki ketersediaan 90,9 persen, 87 persen, 86,7 persen, dan 86,3 persen.

Ketersediaan jaringan 4G Smartfren amkin lengkap dengan produk-produk bervariatif yang ditawarkan kepada penggunanya.

Ketersediaan produk yang lengkap dan terjangkau ini sangat penting di tengah pandemic yang sedang berlangsung dimana masyarakat dihadapkan pada berbagai kondisi yang belum pernah dialami sebelumnya.

Untuk memenuhi kebutuhan kuota dalam beraktivitas online Smartfren memiliki Kartu perdana 1ON+ yang memberikan bonus Kuota Mingguan yang melimpah hingga 52 GB dengan melakukan pembelian voucher atau paket data setiap minggu tergantung pilihan denominasi paket data dengan maksimal 52 kali pembelian selama setahun.

Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren menyampiakan, dengan membeli Kartu Perdana 1ON+, pelanggan tidak perlu takut kartu akan hangus, karena Kartu Perdana 1ON+ memiliki masa aktif selama 365 hari.

Pelanggan yang membeli dan mengaktifkan Kartu Perdana 1ON+ Rp40 ribu akan mendapatkan benefit aktivasi kartu perdana sebesar 1,5 GB setiap bulannya selama 6 bulan dengan total kuota 9 GB.

Untuk Kartu Perdana 1ON+ seharga Rp60 ribu, pelanggan yang membeli dan mengaktifkan akan mendapatkan benefit aktivasi kartu perdana sebesar 3 GB setiap bulannya selama 6 bulan dengan total kuota 18 GB.

Untuk melengkapi Kartu Perdana 1ON+, Smartfren memiliki varian voucher data mulai dari Rp 7.500 dengan kuota 1 GB hingga voucher data sebesar Rp 100 ribu dengan kuota 60 GB. Voucher dan berbagai pilihan paket internet lainnya dengan denominasi lengkap dapat dibeli di Galeri Smartfren, outlet-outlet terdekat, USSI *123#, Smartfren Official Whatsapp di 0888-1212-888 atau melalui aplikasi MySmartfren.

Bonus Kuota Mingguan hingga 52 GB tidak hanya berlaku untuk Kartu 1ON+ Rp40 ribu dan SP 1ON+ Rp60 ribu saja, tapi berlaku juga untuk Kartu Perdana 1ON+ Rp20 ribu yang sudah diluncurkan sebulan yang lalu.

“Yang juga menarik dari Kartu SP 1ON+ adalah Anti Potong Pulsa dimana pulsa pelanggan tidak akan terpotong untuk akses internet pada saat semua kuota habis selama 6 bulan sejak kartu diaktivasi,” pungkasnya.

TERBARU

Siap Beri Pinjaman Bunga Rendah, Julo Kantongi Izin OJK

Jakarta, Selular.ID - Di tengah maraknya penutupan perusahaan fintech ilegal di tengah suasana pandemi...

Samsung Galaxy Fold 2 Sudah Diproduksi Massal

Jakarta, Selular.ID - Samsung Galaxy Fold 2 diprediksi akan meluncur sekitar Agustus 2020. Namun,...

Youtube Sajikan Tombol Skip Video Berdurasi Panjang

Jakarta, Selular.ID - Pengguna YouTube kini bisa dengan mudah melompat ke bagian video yang...

Latest