Saturday, September 19, 2020
Home Apps WHO Sediakan Layanan Chatbot Resmi di Facebook Messenger

WHO Sediakan Layanan Chatbot Resmi di Facebook Messenger

-

Jakarta, Selular.ID – World Health Organization (WHO), hadir dengan chatbot resmi untuk layanan Facebook Messenger.

Dengan kerja sama yang baru diumumkan ini, pengguna dapat memperoleh informasi maupun berita terkini soal pandemi Covid-19 ini.

Kehadiran chatbot WHO ini memang tidak lepas dari langkah Facebook membuka Messenger bagi para pengembang, sehingga mereka dapat membantu pemerintah dan otoritas kesehatan menjangkau lebih banyak orang.

Beberapa informasi yang dapat diperoleh pengguna Messenger dari chatbot ini mulai dari statistik resmi soal penyebaran Covid-19, hingga berita resmi dari WHO.

Dikutip dari Hindustan Times, hal lain yang tidak kalah penting adalah chatbot ini sekaligus berperan untuk melawan hoaks atau misinformasi yang banyak beredar soal Covid-19. Dengan demikian, pengguna dapat memperoleh informasi yang lebih tepat.

Saat ini  20 organisasi kesehatan maupun otoritas kesehatan dari sejumlah negara yang memiliki layanan serupa di Messenger. Beberapa di antaranya adalah UNICEF dan Kementerian Kesehatan Argentina.

Terkait pandemi, ini bukan pertama kali dilakukan Facebook, sebelumnya Facebook meluncurkan Hub Komunitas yang disebut Messenger Coronavirus Community Hub.

Hub komunitas itu menawarkan kiat dan sumber daya kepada pengguna dan membantu mereka tetap terhubung dengan teman, keluarga, dan komunitas mereka secara umum.

Baca Juga :Messenger Coronavirus Community Hub, Upaya Facebook Perangi Covid-19

Messenger Coronavirus Community Hub juga bertindak sebagai alat untuk mencegah penyebaran informasi yang salah. Karena bisa menjelaskan bagaimana orang dapat mengenali dan menghindari penipuan dan berita palsu.

Messenger Coronavirus Community Hub dilengkapi pesan instan dan panggilan suara. Hub juga berfungsi merekomendasikan kegiatan seperti menjadwalkan tanggal bermain virtual bagi orang tua untuk terlibat dengan teman-teman anak-anak mereka.

Latest