Tuesday, August 11, 2020
       
Home News Qualcomm Perkenalkan Quick Charge 3+

Qualcomm Perkenalkan Quick Charge 3+

-

Jakarta, Selular.ID – Setelah mengumumkan Quick Charge 4+ pada 2017 lalu, Qualcomm diharapkan merilis sistem pengisian daya cepat 5+ atau 6+. Namun, pada penghujung kuartal pertama 2020, Qualcomm justru memperkenalkan Quick Charge 3+.

Melansir dari laman Gizmochina, selasa (28/4), teknologi pengisian daya cepat 3+ tersebut menyasar perangkat yang lebih terjangkau dari sebelumnya. Sehingga, Qualcomm dikabarkan sengaja membanderol Quick Charge 3+ menjadi lebih murah.

Teknologi ini diklaim memiliki pengisian daya yang lebih efisien. Hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk mengisi daya baterai dari 0% ke 50%, atau setara 35% lebih cepat serta 9 derajat Celsius lebih dingin dari generasi sebelumnya.

Kabarnya, Quick Charge 3+ akan mendukung pengisian daya dengan kabel USB type-A hingga type-C serta aksesoris sesuai standar industri dengan fleksibilitas voltase hingga 20mV dari Quick Charge 4. Inilah yang membuat Quick Charge 3+ lebih terjangkau bagi vendor atau OEM (Original Equipment Manufacturer) dan konsumen.

Baca juga: Ini 3 Keunggulan Utama Chipset Qualcomm Snapdragon 865

Disisi lain, teknologi ini kompatibel dengan perangkat–perangkat dengan yang memiliki Quick Charge generasi sebelumnya, sehingga termasuk teknologi pengisian daya paling fleksibel diantara yang lain. Fitur lainnya yaitu kemampuan mengidentifikasi kabel yang terintegrasi.

Quick Charge 3+ juga mendukung Power Management Integrated Circuit (PMIC) baru seperti SMB1395/SMB1396. Ini menawarkan dukungan untuk fleksibilitas arsitektur memungkinkan OEM untuk menaikkan daya pengisian menggunakan perangkat lunak yang sama dan mengenali kebutuhan sistem yang berbeda dalam hal desain PCB (Printed Circuit Board), lokasi pengisian IC (Integrated Circuit (IC), dan lainnya.

Kabarnya, smartphone pertama yang bakal mengadopsi teknologi ini adalah Xiaomi Mi 10 Lite Zoom yang menggunakan Snapdragon 765G. Bahkan, ponsel pintar Xiaomi tak hanya mendukung Quick Charge 3+, melainkan juga mendukung pengisian daya cepat generasi 4+, yang menjadikannya perangkat pertama yang mampu mendukung kedua teknologi Quick Charge sekaligus.

Upcoming Event

Upcoming Event

Latest