Wednesday, May 27, 2020
Home Apps Bantu Tunanetra, Google Luncurkan Braille Keyboard 'Talkback'

Bantu Tunanetra, Google Luncurkan Braille Keyboard ‘Talkback’

-

Jakarta, Selular.ID – Google baru saja mengumumkan keyboard yang baru diluncurkannya, yakni sejenis Braille.

Papan ketik bernama ‘TalkBack’ akan memudahkan akses bagi tunanetra tanpa memerlukan perangkat keras tambahan, sebagaimana dilansir dari the Verge, jumat (10/4). Talkback pun sudah terintegrasi langsung ke Android dengan fitur baru yang menawarkan sistem operasi lebih mudah.

Berbeda dari biasanya, papan ketik khusus tunanetra bakal menampilkan tata letak enam tombol. Setiap tombol tersebut akan mewakili satu dari enam titik Braille, yang akan membentuk huruf dan simbol ketika diketuk dalam kombinasi.

Baca juga: Tidak Aman, Google Larang Karyawannya Pakai Zoom

Anda dapat menggunakan TalkBack dengan cara yang sama seperti Anda menggunakan keyboard lain, termasuk di semua aplikasi Android, baik menghapus huruf ataupun mengirim pesan.

Keyboard nantinya akan diluncurkan ke semua perangkat yang menjalankan Android 5.0 atau lebih baru. Untuk mengaktifkannya, buka Pengaturan& Aksesibilitas, lalu pilih TalkBack. Untuk paduan lebih lanjut, Anda dapat melihat instruksinya di situs web Bantuan Aksesibilitas Android.

Sayangnya, saat ini hanya mendukung Braille Grade 1 dan Grade 2. ‘Talkback’ juga baru tersedia dalam bahasa Inggris, belum diketahui apakah Google bakal menambah bahasa lain sebagai referensi.

TERBARU

Huawei Klarifikasi Hubungannya dengan Inggris

Jakarta, Selular.ID – Huawei menyangkal kabar seputar ketidakharmonisan hubungannya dengan negara Inggris. Perusahaan memastikan...

Telkom Bukukan Laba Bersih Rp18,66 Triliun

Jakarta, Selular.ID - Sepanjang tahun 2019 Telkom berhasil membukukan pendapatan konsolidasi sebesar Rp 135,57...

Transaksi Youtap Tumbuh 5x Lipat

Jakarta, Selular.ID - Youtap mencatat pertumbuhan volume transaksi non-tunai ShopeePay yang menggunakan jaringan merchantnya...

Latest