Wednesday, May 27, 2020
Home Apps Bantu Ketahui Efektivitas Lockdown, Google Luncurkan Situs Baru

Bantu Ketahui Efektivitas Lockdown, Google Luncurkan Situs Baru

-

Jakarta, Selular.ID – Tak hanya dengan laman khusus Covid-19, Google juga meluncurkan laman berisikan data mobilitas pengguna Android di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Menurut Google, laman ini bisa membantu otoritas negara setempat untuk mengetahui efektivitas lockdown yang diterapkan sejumlah wilayah dalam meredam keramaian. Mesin pencarian raksasa itu menggunakan fitur ‘Location History’ yang diaktifkan pengguna Android dalam mengumpulkan setiap data.

Sehingga, Google mengklaim dirinya tak mengambil data pribadi pengguna, melainkan telah sesuai dengan kebijakan privasi yang berlaku dalam Google Maps. Adapun laporan itu mencakup persentase keramaian dari 6 kategori tempat, diantaranya Ritel dan rekreasi, toko kelontong dan farmasi, Taman, Stasiun transportasi, tempat kerja, dan tempat tinggal, dirangkum dari Theverge, Senin (6/4).

Di Indonesia, Google melaporkan persentase mobilitas pengguna menurun cukup banyak, hingga 50 persen. Tercatat, untuk kategori ritel dan rekreasi berhasil menurun hingga 47 persen.

Baca juga: Google Manfaatkan Teknologi AI Untuk Fitur Art Transfer

Hal ini juga berlaku pada kategori taman bermain yang berkurang sekitar 52 persen dibanding hari biasa. Sementara, penurunan yang cukup drastis bisa dilihat pada kategori stasiun transportasi.

Google mengatakan bahwa tingkat keramaian di stasiun transportasi ataupun transportasi umum menjadi 54 persen lebih sepi.

Sebaliknya, justru kategori tempat tinggal seperti area perumahan mengalami peningkatan sebanyak 15 persen dibanding angka baseline yang dibuat Google. Artinya, banyak masyarakat yang mengikuti anjuran pemerintah Indonesia untuk tetap beraktivitas dari rumah.

Sejauh ini, laporan memuat informasi sudah tersedia di 131 negara yang bisa dilihat oleh siapapun. Nantinya, Google bakal terus melakukan pembaruan informasi setiap 2 sampai 3 hari ke depan.

TERBARU

Huawei Klarifikasi Hubungannya dengan Inggris

Jakarta, Selular.ID – Huawei menyangkal kabar seputar ketidakharmonisan hubungannya dengan negara Inggris. Perusahaan memastikan...

Telkom Bukukan Laba Bersih Rp18,66 Triliun

Jakarta, Selular.ID - Sepanjang tahun 2019 Telkom berhasil membukukan pendapatan konsolidasi sebesar Rp 135,57...

Transaksi Youtap Tumbuh 5x Lipat

Jakarta, Selular.ID - Youtap mencatat pertumbuhan volume transaksi non-tunai ShopeePay yang menggunakan jaringan merchantnya...

Latest