Beranda News Market Update Apple, Xiaomi, Oppo Menaikkan Harga Smartphone di India

Apple, Xiaomi, Oppo Menaikkan Harga Smartphone di India

-

Jakarta, Selular.ID – Di tengah pandemi corona, sejumlah vendor menaikkan harga smartphone di Indonesia, sekitar Rp100 ribu sampai Rp200 ribu. Namun di India, kenaikan harga dipicu lantaran besaran pajak yang dipungut pemerintah semakin besar.

Diketahui Xiaomi, Apple, dan perusahaan besar lainnya telah menaikkan harga smartphone mereka mulai 1 April.

Kebijakan sejumlah perusahaan itu diambil setelah pemerintah India menaikkan Pajak Barang & Jasa (GST) dari 12% menjadi 18%, dan dikombinasikan dengan mata uang yang lemah.

Xiaomi mengirimkan siaran pers, mengumumkan ia “tidak memiliki pilihan selain untuk menaikkan harga” karena beroperasi dengan margin laba kurang dari 5%. Harga baru akan segera berlaku.

Oppo mengirimkan daftar harga terbaru ke pengecer. Semua ponsel, dari Oppo A1k yang terjangkau hingga Oppo Reno3 Pro terbaru lebih mahal, perubahannya antara INR500 (Rp100 ribu) dan INR2.000 (Rp500 ribu).

Misalnya, Reno3 Pro diperkenalkan pada banderol INR29.990 (saat ini sama dengan Rp6,5 juta), tetapi sekarang berharga INR31.990 (Rp7 juta).

Seluruh jajaran Apple juga menjadi lebih mahal sekitar 5%. Ada perubahan mulai dari ponsel lawas iPhone 7 dengan 32GB sampai ke perangkat anyar iPhone 11 Pro Max dengan penyimpanan 512GB.

Ponsel Apple paling populer untuk 2019, iPhone 11, sekarang berharga INR68.300 (Rp15 juta), bukan lagi INR64.900 (Rp14,2 juta).

Meskipun harga baru sudah diumumkan, pengguna tidak bisa pergi ke toko dan membeli ponsel dengan pemberlakuan lockdown di India. Mereka juga tidak bisa membelinya secara online dan mengirimkannya, karena layanan pos hanya melayani urusan penting.

Artikel Terbaru