Sunday, July 12, 2020
Home Apps Zoom Tak Lagi Kirim Data Pengguna ke Facebook

Zoom Tak Lagi Kirim Data Pengguna ke Facebook

-

Jakarta, Selular.ID –¬†Setelah dilaporkan melanggar privasi pengguna oleh Motherboard, kini Zoom telah menghapus kode yang mengirim data pengguna ke Facebook melalui versi terbarunya.

Aplikasi video call dan konferensi itu menyebut privasi pengguna sebagai point penting dalam hal ini. Zoom berdalih bahwa platform digital miliknya saat itu menerapkan sistem ‘Login dengan Facebook’ menggunakan Facebook SDK, sehingga sampai terjadi pengumpulan data.

“kami awalnya menerapkan fitur ‘Login dengan Facebook’ menggunakan Facebook SDK untuk memberi pengguna kami cara lain yang nyaman untuk mengakses platform kami. Namun, kami baru-baru ini menyadari bahwa Facebook SDK sedang mengumpulkan data yang tidak perlu,” tulis Zoom dalam pernyataan resminya, dikutip dari Gizmochina, Selasa (31/3).

Baca juga: Waspada, Zoom Sebar Data Pengguna ke Facebook

Terkait dengan kesalahan ini, Zoom meminta maaf dan mengatakan “Kami akan menghapus SDK Facebook dan mengkonfigurasi ulang fitur sehingga pengguna masih dapat masuk dengan Facebook dengan platform mereka.”

Pernyataan Zoom ini dibuktikan langsung oleh Motherboard, melalui versi terbaru dari Zoom. Terbukti, Motherboard tak menemukan adanya kode yang mengirim data. Artinya, Zoom sudah tidak lagi mengirim data pengguna ke Facebook saat mengakses platformnya.

Berita ini sekaligus menjadi titik terang bagi pengguna. Pasalnya, aplikasi Zoom tengah populer lantaran dianggap bisa menjadi solusi bekerja dari rumah saat pandemi Covid-19 berlangsung.

Latest