Beranda News Social Media GPS Akan Digunakan untuk Melacak Corona

GPS Akan Digunakan untuk Melacak Corona

-

Jakarta, Selular.ID – Pandemi Covid-19 membuat banyak perusahaan teknologi menawarkan dukungan, dan sepertinya perusahaan-perusahaan ini bersedia untuk melangkah lebih jauh.

Washington Post melaporkan pemerintah AS sedang dalam pembicaraan dengan Facebook, Google, dan perusahaan teknologi lainnya tentang kemungkinan menggunakan data lokasi smartphone untuk memerangi pandemi.

Lebih khusus, pemerintah diyakini sedang mengamati penggunaan data lokasi untuk melacak apakah orang memang menjaga jarak aman satu sama lain.

Data dilaporkan akan dianonimkan dan dikumpulkan, tiga sumber mengatakan kepada Washington Post.

Lalu apakah perusahaan teknologi akan bisa memberikan pemerintah info pelacakan agregat yang benar-benar anonim?

Terlepas dari soal anonim, tidak ada keraguan data pelacakan smartphone bisa bermanfaat bagi pihak berwenang yang berusaha untuk menekan pandemi coronavirus dan wabah penyakit di masa depan.

Sebagai contoh, ini secara teori, GPS bisa digunakan untuk menghentikan orang yang mencoba melakukan pertemuan skala besar.

Tanggapan Facebook dan Google

Facebook tidak mengkonfirmasi atau menyangkal pembicaraan soal bekerja dengan pemerintah AS tentang penggunaan pelacakan smartphone untuk memerangi krisis coronavirus. Tetapi seorang perwakilan mengatakan kepada CNET, pemerintah mendukung fitur Peta Pencegahan Penyakitnya.

“Dalam konteks coronavirus, para peneliti dan organisasi nirlaba bisa menggunakan peta, yang dibangun dengan data teragregasi dan dianonimkan yang orang pilih untuk berbagi, untuk memahami dan membantu memerangi penyebaran virus,” tambah perwakilan tersebut.

Google juga tidak secara langsung mengkonfirmasi diskusi dengan pemerintah AS, tetapi mengatakan kepada Washington Post mereka sedang mencari cara agar data pelacakan “teragregasi, dianonimkan” dapat digunakan untuk memerangi pandemi Covid-19.

“Salah satu contoh bisa membantu otoritas kesehatan menentukan dampak jarak sosial, mirip dengan cara kami menunjukkan waktu restoran populer dan pola lalu lintas di Google Maps,” catat perwakilan tersebut.

Artikel Terbaru