Google I/O 2020 Dibatalkan

Jakarta, Selular.ID – Mengikuti jejak GSMA yang membatalkan ajang MWC 2020, Google juga membatalkan acara pengembang I/O tahun ini, di tengah wabah koronavirus yang sedang berlangsung.

Google I/O dijadwalkan berlangsung antara 12 hingga 14 Mei tahun ini, dan pembatalan dilakukan hanya beberapa hari setelah Google membatalkan acara Cloud Next-nya di San Francisco demi acara “digital-first”.

“Karena kekhawatiran seputar coronavirus (COVID-19), dan sesuai dengan panduan kesehatan dari CDC, WHO, dan otoritas kesehatan lainnya, kami memutuskan untuk membatalkan acara Google I/O di Amphitheatre Shoreline,” jelas juru bicara Google, dikutip dalam sebuah pernyataan kepada The Verge.

Google biasanya menggunakan I/O sebagai acara berita terbesar tahun ini untuk memperkenalkan perubahan baru pada Android, perangkat keras yang didukung Google, dan bahkan pembaruan untuk layanan seperti Google Maps.

Google mengatakan saat ini sedang mengeksplorasi “cara lain untuk mengembangkan Google I/O untuk tetap terhubung dan terus membangun komunitas pengembang kami.”

Google mengatakan para peserta akan dikembalikan penuh pada 13 Maret, dan mereka yang membeli tiket untuk acara tahun ini akan secara otomatis diberikan opsi untuk membeli tiket Google I/O 2021.

Pembatalan Google I/O adalah yang terbaru dari serangkaian acara teknologi yang akan dihapus karena masalah coronavirus. Mobile World Congress dibatalkan bulan lalu, diikuti oleh konferensi pengembang F8 Facebook, Konferensi Pengembang Game, dan banyak lagi.