Saturday, March 28, 2020
Home News Policy Senator AS Usul FTC Tertibkan Google dan Facebook

Senator AS Usul FTC Tertibkan Google dan Facebook

-

Jakarta, Selular.ID – Pada hari Senin, salah satu Senator AS dari Partai Republik, Josh Hawley, menerbitkan rencana baru untuk komisi perlindungan konsumen AS atau Federal Trade Commision (FTC) agar membatasi ekspansi perusahaan teknologi besar.

“FTC sudah berdiri ketika perusahaan-perusahaan besar mengkonsolidasikan kekuatan mereka dan menghambat persaingan,” tulis Hawley di koran.

“Komisi yang saat ini dibentuk tidak bisa memastikan persaingan di pasar saat ini, apalagi besok.”

Ditugaskan untuk melindungi konsumen, FTC menjadi sumber kegusaran para pendukung antitrust dalam beberapa tahun terakhir.

Hukum yang ada mencegah komisi mengenakan denda untuk pelanggaran awal, seperti dalam kasus Cambridge Analytica. Ketika denda diberlakukan, seperti denda $5 miliar baru-baru ini di Facebook, itu dianggap tidak sepadan. Akibatnya, sejumlah pasal privasi dimasukkan guna memperkuat tuntutan FTC.

Proposal Hawley merupakan kelanjutan dari upaya sebelumnya, yang pada dasarnya ingin menjadikan komisi terstruktur dari bawah ke atas. Proposal itu menyerukan agar FTC beroperasi di dalam Departemen Kehakiman, yang dijalankan oleh seorang direktur tunggal yang dikonfirmasi oleh Senat (daripada panel lima komisioner saat ini) sebagai cara untuk menjadikannya lebih cepat responsif terhadap pengawasan kongres.

Hawley juga akan mendirikan bagian khusus “riset pasar digital” untuk meneliti platform teknologi.

Bersamaan dengan reformasi struktural itu, Hawley mengesahkan sejumlah langkah hukum untuk memperkuat komisi, termasuk kekuatan untuk memungut denda perdata pertama kali dan wewenang untuk menegakkan portabilitas data dan standar interoperabilitas.

Mungkin yang paling kontroversial, Hawley juga akan memberdayakan jaksa agung negara bagian untuk menegakkan semua undang-undang yang sama dengan FTC, memberi mereka lebih banyak peluang untuk menangani kasus perlindungan konsumen terhadap perusahaan teknologi besar.

Di satu bagian proposal itu menyebut Google dan Facebook sebagai contoh kegagalan FTC dalam melindungi konsumen.

“Google dan Facebook telah mengakuisisi ratusan perusahaan dalam dua dekade terakhir, namun FTC tidak pernah campur tangan untuk mencoba memblokir akuisisi ini,” bunyi proposal.

“Kenyataannya, FTC bahkan tidak menggunakan sumber daya saat ini untuk penggunaan yang efektif karena FTC dirancang dengan buruk.”

Latest