Saturday, March 28, 2020
Home News Security Chrome akan Blokir Unduhan Tidak Aman

Chrome akan Blokir Unduhan Tidak Aman

-

Jakarta, Selular.ID – Google mengungkapkan rencana baru, yang awalnya untuk memperingatkan pengguna Chrome tentang unduhan “tidak aman” dan akhirnya memblokirnya secara langsung.

“Hari ini kami mengumumkan bahwa Chrome akan secara bertahap memastikan bahwa halaman aman (HTTPS) hanya mengunduh file-file yang aman,” Joe DeBlasio dari tim keamanan Chrome menulis dalam sebuah posting blog.

“File yang diunduh secara tidak aman berisiko terhadap keamanan dan privasi pengguna. Misalnya, program yang diunduh secara tidak aman dapat ditukar dengan malware oleh penyerang, dan eavesdropper dapat membaca laporan bank yang diunduh secara tidak aman oleh pengguna.”

Dimulai dengan Chrome 82, akan dirilis pada bulan April, Chrome akan memperingatkan pengguna jika mereka akan mengunduh executable konten campuran dari situs web yang aman.

Kemudian, ketika versi 83 dirilis, unduhan yang bisa dieksekusi akan diblokir dan peringatan akan diterapkan ke file arsip.

File PDF dan .doc akan mendapatkan peringatan di Chrome 84, dengan file audio, gambar, teks, dan video yang menampilkannya berdasarkan versi 85.

Akhirnya, semua unduhan konten campuran (file yang tidak aman yang berasal dari situs aman) akan diblokir pada rilis Chrome 86.

Saat ini, Google memperkirakan rilis Oktober untuk membangun web browsing populer. Bagan di bawah ini menjabarkan rencana tim Chrome saat ini:

“Di masa mendatang, kami berharap untuk lebih lanjut membatasi unduhan yang tidak aman di Chrome,” tulis DeBlasio.

Ini semua adalah bagian dari upaya Google untuk sepenuhnya memigrasi pengembang ke HTTPS. Tahun lalu, Google mulai memblokir situs HTTPS dari menarik sumber daya halaman tidak aman.

Peringatan ini juga datang ke Chrome versi Android dan iOS, tetapi jadwal di atas akan ditunda oleh rilis untuk platform seluler.

Chrome akan menunda peluncuran untuk pengguna Android dan iOS dengan satu rilis, memulai peringatan di Chrome 83.

Platform seluler memiliki perlindungan asli yang lebih baik terhadap file berbahaya, dan penundaan ini akan memberi pengembang langkah awal untuk memperbarui situs mereka sebelum berdampak pada pengguna seluler.

Latest