Beranda News Market Update Selamat Tinggal BlackBerry

Selamat Tinggal BlackBerry

-

Jakarta, Selular.ID – Ponsel BlackBerry pernah merajai pasar smartphone Indonesia pada 2012, sebelum bertekuk lutut di hadapan Samsung. Namun tahun ini brand yang identik dengan warna hitam itu akan lenyap selamanya.

Perusahaan baru saja mengumumkan kemitraannya dengan TCL akan berakhir pada 31 Agustus. Setelah itu, TCL tidak lagi memiliki hak untuk merancang, membuat, dan menjual perangkat merek BlackBerry.

Pelanggan yang sudah terlanjur membeli tidak perlu khawatir, karena TCL akan menyediakan layanan pelanggan dan akan menangani jaminan hingga 31 Agustus 2022 (atau selama diperlukan oleh undang-undang setempat).

Kemitraan BlackBerry-TCL terjadi pada 2016 silam dengan ponsel pertamanya adalah DTEK50, DTEK60 dan BlackBerry KeyOne.

Ketiganya dirancang dan dibangun oleh TCL dan menjalankan software dari BlackBerry.

Perlu dicatat, ini bukanlah akhir dari perjalanan BlackBerry sebagai sebuah perusahaan, melainkan handsetnya saja.

Mereka akan masih menawarkan layanan software untuk perusahaan dan memiliki QNX, OS populer untuk aplikasi otomotif. Plus, beberapa produsen lain mungkin menggunakan mantel BB.

Namun, ini adalah lonceng kematian terakhir untuk legenda seluler, yang dimulai sebagai Research in Motion (RIM).

Produk pertamanya adalah Inter @ ctive Oager 900, yang diresmikan pada bulan September 1996.

Nama “BlackBerry” dimulai dari pager BlackBerry 850 pada Januari 1999 yang keyboardnya mengingatkan tim RIM tentang buah. Ponsel BlackBerry terakhir sebelum kesepakatan TCL adalah Priv.

TCL baru-baru ini mulai memasarkan ponsel dengan mereknya sendiri. Ia juga memiliki lisensi untuk menggunakan merek Alcatel hingga akhir 2024 (Alcatel-Lucent sendiri dimiliki oleh Nokia).

Artikel Terbaru