Tuesday, June 2, 2020
Home News Kominfo: Whitelist Beri Kepastian Hukum Bagi Operator

Kominfo: Whitelist Beri Kepastian Hukum Bagi Operator

-

Jakarta, Selular.ID – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI akan segera menetapkan mekanisme pemblokiran IMEI pada pekan ini setelah sebelumnya dilakukan ujicoba kedua mekanisme pemblokiran tersebut.

Nur Akbar Said, Kepala Subdirektorat Kualitas Layanan dan Harmonisasi Standar Perangkat Kominfo mengatakan, ujicoba sudah dilakukan disupport vendor EIR untuk menguji skenario penggalian IMEI untuk mencari solusi terbaik dari mekanisme whitelist atau blacklist. Terbaik dari sisi kepentingan konsumen, kenyamanan dan juga legalitas perangkat yang akan diregistrasi.

“Kita sudah trial dua skema untuk menentukan skema terbaik. Mekanisme whitelist adalah skema preventif, pencegahan suatu produk ilegal utk bisa aktif di jaringan operator. Jadi ada jepastian hukum bagi operator juga untuk mengaktifkan perangkat di jaringannya,” ungkapnya.

Baca juga: Pekan Ini Kominfo Putuskan Metode Blokir IMEI

Lebih lanjut disampaikan Nur Akbar, mekanisme blacklist agak berbeda konsepnya, dimana perangkat diaktivasi dulu di sistem dan jaringan operator nanti diidentifikasi tingkat legalitasnya seperti apa.

“Kalau blokir diberikan notif satu hari lalu diblok. Kemudian untuk duplikat diberi waktu berapa lama. Kalau kemudian dia valid atau sah tapi belum teregistrasi di sistem itu diberi kesempatan registration fee. Tapi di sistem kita kan ga menganut registration fee jadi sedikit agak berbeda,” pungkasnya.

TERBARU

Google Tunda Peluncuran Android 11

Jakarta, Selular.ID - Acara tahunan Google I/O yang rencananya digelar pada Mei terpaksa dibatalkan...

Huawei P20 Pro Terima Pembaruan Android 10

Jakarta, Selular.ID - Google segera merilis Android 11 versi beta pertama dalam waktu dekat,...

Punya Triple Camera, Samsung Galaxy A11 Dibanderol Sejutaan

Jakarta, Selular.ID - Samsung Electronics Indonesia kembali meluncurkan varian terbaru keluarga Galaxy A series,...

Latest