Tuesday, June 2, 2020
Home News Community Google Dorong Literasi Digital Indonesia

Google Dorong Literasi Digital Indonesia

-

Jakarta, Selular.ID – Dalam rangka memperingati hari aman berinternet sedunia pada 11 Februari, Google baru saja mengumumkan gerakan ‘Tangkas Berinternet’. Program itu berupa literasi digital dan keamanan online untuk meningkatkan ketahanan berinternet bagi anak-anak.

Pasalnya, menurut riset Google dengan lembaga riset Fluent akan ‘Digital Wellbeing’ tahun lalu menunjukan bahwa 1 dari 3 pengguna internet adalah anak-anak. Meski memiliki banyak benefit, disisi lain, hal ini membuat anak-anak menghadapi risiko yang juga dihadapi orang dewasa. Buktinya, riset yang sama menunjukan bahwa 83% orang tua di Indonesia khawatir anak mereka terpapar konten yang tidak pantas atau berbahaya saat menggunakan teknologi digital.

Putri Alam, Kepala Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Google Indonesia, menyebut melalui program tangkas berinternet akan membantu memaksimalkan benefit dari teknologi. Ia menambahkan, program ini juga bakal meminimalisir resikonya.

Baca juga: Google Ajak Move On Pengguna Lewat Aplikasi Berikut

“Program ini memuat 5 topik penting agar anak-anak Cerdas, Cermat, Tangguh, Bijak dan Berani Berinternet. Selain lima topik tersebut, Tangkas Berinternet juga menyediakan permainan berbasis web yang dapat membantu mengajarkan konsep literasi digital dan keamanan online kepada anak-anak dengan bantuan guru dan orang tua,” imbuh Putri, di Jakarta, Senin (10/2/2020).

Program bertajuk Tangkas Berinternet itu digelar Google dengan menggandeng otoritas pemerintah Indonesia, seperti Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI (Kemen PPA), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemdikbud), Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo). Selain itu, juga turut berkolaborasi dengan lembaga lainnya, yaitu Yayasan Sejiwa dan Indonesia Online Child Protection (ID-COP).

“Jadi harapan kami buat indonesia setelah adanya program tangkas berinternet ini bahwa anak-anak keluarga dan pengajar-pengajar seluruh indonesia dapat bersama-sama mengeksplorasi internet dan memaksimalkan keuntungan internet tetapi sambil juga waspada dan tentunya literasi digital yang tinggi,” tutup Putri.

TERBARU

Vivo Umumkan 3 Smartphone 5G

Jakarta, Selular.ID - Vivo mengumumkan seri X50, keluarga smartphone flagship terbaru, yakni X50, X50...

Google Tunda Peluncuran Android 11

Jakarta, Selular.ID - Acara tahunan Google I/O yang rencananya digelar pada Mei terpaksa dibatalkan...

Huawei P20 Pro Terima Pembaruan Android 10

Jakarta, Selular.ID - Google segera merilis Android 11 versi beta pertama dalam waktu dekat,...

Latest