Tuesday, April 7, 2020
Home News Google Ajak Move On Pengguna Lewat Aplikasi Berikut

Google Ajak Move On Pengguna Lewat Aplikasi Berikut

-

Jakarta, Selular.ID – Google baru saja mengumumkan kata kunci ‘Cara Move on’ menjadi trending sepanjang 2019. Mesin pencarian raksasa itu pun mengajak para pengguna untuk ‘Move On’ lewat fitur yang dimiliki oleh setiap aplikasinya.

Mira Sumanti, Brand & Creative Lead Google SEA, memaparkan beberapa produk Google yang turut membantu pengguna untuk ‘move on’. Berikut daftarnya:

  1. Google Files

Google Files merupakan sebuah aplikasi Google yang memudahkan pengguna dalam mengelola file hingga menghapus file lama di smartphone. Mira mengatakan, Google didukung dengan teknologi mobile vision yang memungkinkannya untuk menemukan dan menyarankan file yang akan dihapus.

“Google Files membantu menghilangkan hal-hal yang tidak penting di smartphone. Ada kategori-kategori untuk file yang tidak dipakai, satu kali klik semua langsung hilang,” jelas Mira, di Jakarta, Kamis (07/02/2020).

Sementara, khusus mendukung ‘Move on’ kini Google Files juga bisa menghapus meme yang telah dipilih. Nantinya, Google bakal memilih meme yang telah disesuaikan dengan sampel yang diberikan pengguna. Proses ini diklaim akurat. Pasalnya, Google Files telah didukung dengan kemampuan Machine Learning (ML). Jadi, pengguna bisa menghapus file berisikan meme kenangan bersama seseorang ataupun lainnya.

2. Google Photos

Aplikasi ini disebut dapat membantu move on. Mira mengatakan Google Photos memiliki fitur smart search. Adapun fitur itu berupa pencarian cerdas yang didukung dengan teknologi Artificial Intelegent (AI) dan ML yang mampu mengenali wajah.

“Misalnya mau hapus foto mantan dari galeri smartphone kalau satu per satu kan lama mencarinya, nah dengan smart search langsung bisa menghilangkan foto-foto tersebut,” terangnya.

Pencarian ini berdasarkan pada tiga kategori, yaitu lokasi, tanggal hingga pencarian wajah. Pengguna juga diberikan kebebasan untuk memilih dua opsi, yakni pengguna bisa menghapusnya secara permanen atau bisa untuk menyimpannya selama 30 hari.

3. Google Assistant

Asisten digital milik Google ini juga bisa dijadikan sebagai teman. Mira menyebut kehadiran Google Assistant mampu membantu pengguna untuk ‘Move On’. Bahkan, Google Assistant juga bisa menggombal dan memberikan lelucon.

“Bisa dijadikan teman, bisa digombalin lewat Google Assistant.” ujar Mira.

Baca juga: Sempat Trending, Google Akhirnya Bentuk Gerakan ‘Move-On’

4. Youtube Music

Tak hanya Google Photos, Youtube Music juga dilengkapi dengan fitur ‘Smart Search’. Pencarian cerdas itu memungkinkan bagi pengguna untuk mencari musik tak berdasarkan lirik. Melainkan, berdasarkan yang sedang tren seperti ‘Badak dan ikan’ yang bakal mengacu pada lagu milik Shawn Mendes.

Adapun kemampuan itu didapat Youtube Music yang tersambung dengan mesin pencarian, Google Search. Selain itu, Mira mengungkap bahwa pengguna bisa membuat daftar playlist itu sendiri untuk mendukung proses ‘move on’.

“Saat ini kita ada playlist berdasarkan Google Trend, yang lagi hits di Indonesia. Bisa juga buat playlist Move On”. jelasnya.

5. Google Maps dan Google Calendar

Lewat kedua aplikasi ini, google mengajak penggunanya untuk lebih banyak menghabiskan waktu bagi diri sendiri. Proses ini diungkapkan Mira sebagai bagian dari ‘Move On’.

Melalui Google Maps, pengguna bisa menemukan hal baru, seperti restoran hingga salon. Tersedia juga fitur ‘For You’ yang telah dipersonalisasikan khusus pengguna tersebut.

Sementara, melalui Google Calendar, pengguna bisa memakai fitur ‘Goals’. Sesuai dengan namanya, fitur itu berguna untuk mencapai target, seperti berolahraga dan lain-lain. Fungsi lain dari Google Calendar juga bisa untuk mengatur sebuah jadwal.

Melalui semua aplikasi Google, Mira berharap aplikasinya dapat membantu pengguna untuk move on. Ia menambahkan bahwa hal ini untuk membantu pihak-pihak yang tak berpasangan.

“kita mau share the life untuk teman-teman semua yang gak berpasangan, kita mau semua produk kita (Google) bisa helpful,” jelas Mira.

TERBARU

Demi Turunkan Harga Z Flip, Samsung Siap Produksi Layar...

Jakarta, Selular.ID - Samsung dikabarkan berencana untuk memproduksi kaca layar lipat miliknya sendiri. Langkah...

iPhone 12 Pro Akan Hadir dengan Dukungan Teknologi Lidar

Jakarta, Selular.ID - Apple sedang bersiap menghadirkan iPhone 12 flagship tahun ini. Bocoran mengungkapkan...

Layanan Broadband Telkomsel Naik 16% Selama Pandemi Covid-19

Jakarta, Selular.ID - Sejak masyarakat dan pelaku industri mulai menjalankan himbauan dari Pemerintah RI...

Latest