Friday, February 21, 2020
Home News Security Ponsel Pria Terkaya Dunia Diretas via WhatsApp

Ponsel Pria Terkaya Dunia Diretas via WhatsApp

-

Jakarta, Selular.ID – Ponsel orang terkaya di dunia dilaporkan diretas melalui aplikasi chat. Dia adalah miliarder Amazon Jeff Bezos yang ponselnya dihack setelah menerima pesan WhatsApp pada tahun 2018.

The Guardian melaporkan pesan jahat itu dikirim dari akun pribadi putra mahkota Arab Saudi, Mohammed Bin Salman. Financial Times juga menyatakan mereka melihat laporan forensik digital peretasan tersebut.

Apa yang terjadi?

Pangeran itu rupanya mengirimi Bezos pesan WhatsApp yang berisi file jahat yang berhasil menyusup ke teleponnya.

Kedua pria itu dilaporkan sedang bertukar pesan kasual pada 1 Mei 2018 ketika file yang terinfeksi malware dikirim ke Bezos.

Beberapa minggu sebelumnya, keduanya dilaporkan bertukar nomor selama perjalanan sang pangeran ke Los Angeles.

Analisis forensik lebih lanjut mengungkapkan bahwa, dalam probabilitas tinggi, file jahat yang dikirim melalui WhatsApp adalah video.

Bagaimana hasil akhir peretasan?

The Guardian melaporkan sejumlah besar data dicuri dari ponsel punggawa Amazon. Namun tidak disebutkan data apa yang dimaksud, dan bagaimana data itu digunakan.

Sementara itu, ada beberapa teori yang beredar seputar kasus ini.

Tahun lalu, National Enquirer menerbitkan rincian tentang perselingkuhan Bezos. Laporan tersebut menyertakan serangkaian pesan teks pribadi yang dikirim dan diterima oleh Bezos.

Pada saat itu rekan-rekan Bezos dilaporkan curiga pangeran Arab Saudi memiliki akses ke ponselnya. Negara itu berselisih dengan Bezos setelah pembunuhan jurnalis veteran Saudi Jamal Khashoggi, yang biasa menulis artikel kritis terhadap pangeran Mohammed untuk Washington Post yang dimiliki Bezos.

Namun, tidak bisa dikatakan dengan pasti kerajaan berada di belakang kebocoran teks pribadi Bezos.

Dugaan ini mungkin akan mengirimkan gelombang besar di Silicon Valley dan menimbulkan beberapa pertanyaan tidak nyaman untuk Arab Saudi.

Bagi kami, ini adalah pengingat yang sungguh-sungguh bahkan orang terkaya di dunia pun tidak bisa menyelamatkan dirinya dari sasaran peretas.

Ini juga menimbulkan keprihatinan besar tentang praktik keamanan WhatsApp.

Latest