Thursday, August 6, 2020
       
Home Tips Cara Backup Foto dan Chat WhatsApp di Google Photos dan GDrive

Cara Backup Foto dan Chat WhatsApp di Google Photos dan GDrive

-

Jakarta, Selular.ID – Selain untuk bertukar pesan, gambar, video, dan suara, WhatsApp adalah alternatif yang sangat berguna saat Anda bepergian ke luar negeri dan ingin tetap berkomunikasi tanpa dikenakan biaya seluler.

Jika Anda adalah pengguna WhatsApp tradisional, Anda mungkin ingin memastikan punya cadangan yang bisa diandalkan dari semua teks dan foto yang tersimpan di dalam aplikasi.

Nah, berikut kiat mudah bagi Anda untuk mengonfigurasi Google Drive untuk mem-backup pesan teks secara otomatis, dan menyinkronkan gambar ke Google Photos.

Backup pesan teks

Ketika Anda menginstal dan mengatur WhatsApp, Anda mungkin diberikan opsi untuk memilih backup teks dan foto secara otomatis. Apa pun pilihan yang Anda buat, berikut adalah cara untuk memastikan Anda mem-backup semua pesan teks agar bisa dipulihkan dengan mudah.

  1. Mulai aplikasi WhatsApp. Ketuk menu tiga titik di kanan atas layar, lalu ketuk “Pengaturan.”
  2. Pada halaman Pengaturan, ketuk “Obrolan.” Kemudian, di halaman Obrolan, ketuk “Cadangkan Obrolan.”
  3. Pastikan Anda memilih akun Google yang tepat dan pilih apakah Anda ingin membuat cadangan melalui Wi-Fi atau Wi-Fi dan seluler. Ketuk “Cadangkan ke Google Drive” dan pilih seberapa sering Anda ingin pencadangan otomatis terjadi, mulai dari harian hingga bulanan, atau hanya manual. Anda bisa mengatur pencadangan secara manual dengan mengetuk tombol Cadangan di bagian atas layar.
  4. Setelah mengatur cadangan, Anda bisa menemukan file cadangan WhatsApp di Google Drive, di folder Backups. Anda tidak perlu melakukan apa pun secara manual dengan file ini. Jika Anda pernah menginstal ulang WhatsApp, aplikasi bisa menemukan cadangan ini secara otomatis selama pengaturan.

Backup Foto WhatsApp di Google Photos

Secara default, foto Anda dari WhatsApp disalin ke Google Photos, tetapi tidak disalin ke cloud. Untuk mem-backup foto, Anda harus mengaktifkan sinkronisasi.

  1. Mulai aplikasi Google Photos dan ketuk tombol menu di kiri atas layar. Kemudian ketuk Folder perangkat. Temukan folder Gambar WhatsApp di antara koleksi folder. Jika Anda belum mengaktifkan sinkronisasi, Anda akan melihat ikon cloud dengan garis melaluinya.
  2. Ketuk folder Gambar WhatsApp. Kemudian nyalakan “Cadangkan & sinkronkan” dengan menggeser tombol ke kanan.

Setelah Anda menghidupkan sinkronisasi, Anda akan melihat semua gambar WhatsApp Anda muncul di gulungan foto Google Photos Anda.

Selamat mencoba!

Upcoming Event

Upcoming Event

Latest