Friday, February 21, 2020
Home News FinTech Pinjaman Online KoinWorks Kantongi Izin Usaha dari OJK

Pinjaman Online KoinWorks Kantongi Izin Usaha dari OJK

-

Jakarta, Selular.ID – Perusahaan peer-to-peer lending KoinWorks mencatat pertumbuhan yang signifikan sepanjang tahun 2019, di antaranya pertumbuhan jumlah pengguna yang meningkat sebesar 178% dan penyaluran pinjaman hingga 317%.

Di tahun yang sama, KoinWorks juga berhasil mendapatkan tiga kali pendanaan lewat seri A+, B dan B2 yang digunakan untuk pengembangan sumber daya manusia dan teknologi guna memberikan layanan finansial terbaik untuk seluruh masyarakat Indonesia.

KoinWorks juga telah resmi mendapatkan izin usaha fintech lending dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-125/D.05/2019 tanggal 13 Desember 2019.

Benedicto Haryono selaku CEO & Co-Founder menyatakan, “2019 menjadi tahun yang sangat berkesan bagi KoinWorks. Kami mencatat pertumbuhan signifikan di berbagai aspek. Berdasarkan data yang terkumpul, penyaluran pinjaman kepada UKM digital tumbuh sebesar 15.295% sejak dari pertama kami berdiri.”

Menjadi fintech digital lending yang bergerak mendukung dan melayani pembiayaan UKM digital melalui KoinBisnis, 90% pengusaha yang didanai oleh KoinWorks merupakan pelaku yang sudah melebarkan sayapnya secara online dan memiliki rekam jejak digital dengan porsi 67,40% yang berasal dari e-Commerce.

Hingga akhir tahun 2019, KoinWorks telah berhasil menyalurkan pinjaman hingga rata-rata Rp250 miliar per-bulan.

Dari sisi pengguna, sebanyak 59,44% pengguna KoinWorks berasal dari pulau Jawa disusul dengan pulau Sumatera sebesar 21,30% dan pulau Kalimantan sebesar 7,75%. Melihat besarnya antusias pengguna platform di pulau Jawa yang cukup besar, di tahun ini KoinWorks juga telah membuka tiga kantor cabang yang berada di Yogyakarta, Surabaya, dan Bandung untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat setempat.

Selain menyediakan pinjaman untuk pengembangan bisnis, KoinWorks juga bergerak untuk penyaluran biaya pendidikan melalui KoinPintar. Pertumbuhan penyaluran KoinPintar mencapai sebesar 314% bila dibandingkan dengan tahun 2018.

Di kuartal ketiga 2019, KoinPintar juga mengeluarkan sebuah terobosan baru melalui program DEKADE (Dana Edukasi Masa Depan) yang memberikan peminjam kesempatan untuk dapat mencicil pinjaman edukasi hingga 10 tahun.

Belum lama ini KoinWorks juga telah menerima pendanaan berupa debt funding dari Sampoerna, CIMB, dan Saison Modern Finance yang akan disalurkan kepada pelaku social commerce sesuai dengan fokus KoinWorks.

Lewat pendanaan debt funding ini, menegaskan kembali keseriusan KoinWorks yang dilihat oleh para institusi finansial dalam menyalurkan pembiayaan produktif bagi para pelaku social commerce dan UKM di Indonesia.

“KoinWorks tetap menjadi platform finansial yang paling disukai dengan memimpin jumlah pengunjung dari seluruh platform fintech lending di Indonesia berdasarkan Alexa. Di 2020, bersama dengan 230 lebih karyawan KoinWorks yang jumlahnya akan terus bertambah, kami akan membuat berbagai terobosan baru untuk dunia fintech,” tambah Willy Arifin, Executive Chairman & Co Founder.

Latest