Friday, August 7, 2020
       
Home News Market Update Pasar Feature Phone Gak Ada Matinya

Pasar Feature Phone Gak Ada Matinya

-

Solo, Selular.ID – Setelah sempat menurun karena pemberlakuan TKDN sebesar 30% oleh pemerintah, penjualan smartphone di Indonesia kembali menunjukkan peningkatan. Sesuai laporan IDC, pada akhir 2018 total penjualan smartphone mencapai 39 juta unit.

Dengan pertumbuhan double digit dan animo yang semakin membesar dari konsumen, bukan tidak mungkin jumlah penjualan di akhir 2019 akan melebihi tahun lalu.

Meski penjualan ponsel pintar terus menunjukkan peningkatan, seiring dengan semakin gandrungnya masyarakat dengan layanan data, namun permintaan terhadap feature phone tidak sepenuhnya surut.

Data Gfk menunjukkan, penjualan ponsel di Indonesia mencapai 2,3 juta – 2,5 juta unit setiap bulan. Dari jumlah itu, sekitar 300 – 400 ribu unit adalah feature phone.

Mengingat porsi yang masih terbilang lumayan, wajar jika vendor ponsel tetap menggarap pasar feature phone. Salah satunya adalah Advan. Menggandeng Indosat Ooredoo, brand lokal ini menghadirkan 4G Smart Feature Phone.

Menurut GM Marketing Advan Arya Wahyudi, segmen pasar feature phone umumnya didominasi kalangan entry level. Faktor harga menjadi concern utama. Sehingga, selain brand equity, pricing strategy sangat menentukan keberhasilan suatu produk.

“Pengguna feature phone sesungguhnya tidak neko-neko. Kebanyakan memilih karena faktor daya tahan batere yang lama. Tentu saja harga yang terjangkau menjadi daya tarik bagi pengguna”, ujar Arya.

Di sisi lain, pengguna feature phone sesungguhnya juga ingin mencoba beberapa aplikasi yang umumnya tersedia di smartphone. Namun faktor harga, membuat mereka urung untuk membeli karena keterbatasan dana.

Itu sebabnya, 4G Smart Feature Phone menjembatani kebutuhan tersebut. Ponsel ini di desain layaknya smartphone untuk kalangan entry level yang punya bugdet terbatas. Sudah dilengkapi KaiOS dan chipset bikinan Mediatek.

Berkat KaiOS, perangkat ini bisa mengakses berbagai aplikasi yang tengah tren saat ini. Seperti WhatsApp, Google asisten, Facebook, Google Maps, dan juga youtube.

Ditambahkan oleh SVP – Head of Retail & Device Management Indosat Ooredoo Radhia Bendhifi, dengan bandrol hanya Rp 499.000, 4G Smart Feature Phone diharapkan menjadi jawaban bagi pengguna selama ini masih nyaman menggunakan feature phone untuk menikmati fitur-fitur yang terdapat dalam smartphone.

Upcoming Event

Upcoming Event

Latest