Friday, February 21, 2020
Home Insight Pentingkah Memiliki Nama Domain untuk Bisnis?

Pentingkah Memiliki Nama Domain untuk Bisnis?

-

Jakarta, Selular.ID – Domain merupakan sebuah alamat yang digunakan untuk mengidentifikasi web server, server komputer dan mail server. Sebelum sebutan domain muncul, pengguna menggunakan IP address untuk mengakses web server.

Tentu saja, hal tersebut relatif lebih rumit, mengingat IP Address terdiri dari deretan angka seperti 192.168.0.1. Nah, hadirnya domain ini membantu pengguna untuk mengakses situs web dengan lebih mudah tanpa harus mengingat IP Address-nya.

Jika dianalogikan, nama domain ibarat sebuah alamat rumah yang bersifat unik, hanya ada satu domain untuk satu pemilik.

Ilustrasi aneka nama domain, foto: themobilepcguys.com/

Tingkatan Domain

Top Level Domain (TLD)

Ini merupakan tingkatan domain pertama, dimana terdapat deretan kata dibelakang seperti .com (commercial) .org (organization), .net (network), .gov (goverment) dan lain-lain.

Tingkatan TLD kemudian dipecah lagi menjadi dua, yaitu Global Top Level Domain yang mana memiliki ektensi seperti disebutkan diatas.

Kemudian terdapat Country Code Top Level Domain (ccTLD), ekstensi yang khusus ditujukan untuk sebuah negara. Indonesia memiliki nama domain sendiri dengan kode ID, contohnya: .co.id, .go.id, .ac.id, .sch.id, .web.id dan lain-lain.

Second Level Domain

Berbeda dengan TLD, SLD merupakan sebuah nama unik yang bisa Anda daftarkan di penyedia nama domain murah. Contohnya selular.id, selular adalah SLD dan .id adalah TLD.

Third Level Domain

Third Level Domain biasa dikenal dengan sub domain. Pengguna dapat menggunakan nama apapun tanpa harus mendaftarkannya di registrar. Contohnya, gadget.selular.id. Kata “gadget” sebagai sub domain, “selular” sebagai SLD, dan “.id” sebagai TLD.

Indonesia punya TLD (.ID)

manfaat nama domain untuk bisnis
Statistik domain Indonesia 2015 (sumber: PANDI)

 

Perkembangan domain .ID di Indonesia semakin berkembang pesat selama 2018. Dibandingkan tahun 2017 lalu, nama domain .id tumbuh sekitar 12% di tahun 2018.

Berdasarkan data dari Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), tak hanya di Indonesia, domain .id juga digunakan di luar negeri. Amerika Serikat, Singapura, Jepang dan negara lain telah menggunakan domain.id. Sekitar 4% domain .id berasal dari luar negeri.

Menurut Andi Budimansyah, Ketua PANDI, total domain .id yang terdaftar di Indonesia mencapai 271.193 selama 2018.

Psstt nama domain itu sangat penting untuk bisnis atau perusahaan.

Jika Anda seorang memiliki perusahaan atau seorang pebisnis, maka nama domain sangat diperlukan untuk menunjang aktivitas digital.

Salah satu pentingnya domain adalah menyelamatkan brand yang Anda miliki dari kejahatan siber atau penyalahgunaan.

Beberapa waktu lalu kasus kepemilikan domain BMW.ID kembali mencuat di meja hijau. Nama domain tersebut menjadi sengketa antara Benny Muliawan dengan BMW AG. Hingga pada akhirnya, nama domain tersebut jatuh kepada BMW Jerman.

Maka dari itu, diwajibkan bagi Anda untuk mendaftarkan nama domain perusahaan atau bisnis Anda agar terhindar dari kejadian diatas.

Selain untuk melindungi nama brand, domain juga punya banyak manfaat yang sangat menguntungkan.

Ranking domain tingkat atas

Manfaat domain untuk bisnis

Membuat website

Nama domain bisa digunakan untuk keperluan membuat website. Seperti yang sudah dibahas, nama domain dapat memudahkan seseorang untuk mengakses situs web Anda.

Untuk memulai membuat website, setidaknya dibutuhkan hosting sebagai tempat penyimpanan seluruh file html, javascript, css, dan database.

Di Indonesia, terdapat beberapa penyedia hosting murah dengan berbagai fitur andalan seperti website builder.

Website builder merupakan tools yang digunakan untuk membangun sebuah website tanpa harus mengerti coding. Pengguna hanya tinggal drag and drop elemen-elemen yang ingin digunakan.

E-mail profesional

Dengan memiliki domain, Anda bisa membuat alamat email profesional. Ini membantu Anda agar terlihat lebih profesional dan kredibel di mata pelanggan.

Bayangkan, jika perusahaan Anda masih menggunakan email umum seperti gmail, yahoo, atau outlook? Mungkin klien akan merasa kurang yakin dengan bisnis Anda.

Jika hal tersebut tidak ingin terjadi, maka segeralah amankan nama domain Anda, kemudian setup email profesional Anda. Contohnya, nama domain selular.id bisa digunakan untuk membuat email profesional seperti admin@selular.id.

Mengarahkan ke media sosial

Jika Anda ingin mengarahkan nama domain ke media sosial seperti Facebook, Instagram, ataupun Twitter, itu sangat mungkin dilakukan. Disini mungkin Anda tidak ingin membuat website, hanya ingin mem-branding sosial media Anda dengan sebuah nama domain agar mudah diakses.

Akhir kata

Berbagai poin manfaat domain untuk bisnis diatas dirasa cukup untuk memberitahu Anda, bahwa nama domain itu penting. Memiliki website juga akan membantu meningkatkan jangkauan pelanggan Anda di dunia digital.

Latest