spot_img
BerandaNewsSocial MediaInstagram Batasi Konten, Influencer Tak Bisa Promosi Vape

Instagram Batasi Konten, Influencer Tak Bisa Promosi Vape

-

Jakarta, Selular.ID – Instagram dikabarkan segera membatasi influencer dalam mempromosikan suatu barang. Adapun ini adalah pertama kalinya bagi Instagram dalam memberikan batasan terhadap konten berbayar dari influencer.

Platform media sosial milik Facebook itu melarang pembuat konten untuk mempromosikan produk seperti rokok elektrik atau vape, produk tembakau, hingga senjata. Kabar ini disampaikan langsung oleh Instagram pada Rabu (18/12), sebagaimana dikutip dari CNBC.

Penegakan kebijakan ini telah menutup celah iklan dalam Instagram. Sebelumnya, influencer dapat memuat tag ‘kemitraan berbayar dengan’ dalam sebuah postingan produk. Namun, kini tak lagi. Adapun kebijakan iklan ini juga berlaku dalam platform Facebook.

Baca juga: Jelang Akhir 2019, Intip Cara Buat Best Nine di Instagram

Tampaknya, Facebook Group memang ingin membatasi platformnya dari hal-hal yang cenderung bernilai negatif. Pasalnya, raksasa sosial media itu juga akan membatasi barang-barang lain seperti alkohol ataupun suplemen diet. Menurut Facebook, perlu adanya ‘pembatasan khusus’ dalam mempromosikan produk tertentu.

Terkait dengan hal itu, Facebook tengah mengembangkan alat khusus. Nantinya, secara otomatis konten di Instagram akan disalurkan sesuai dengan usia. Adapun cara ini diklaim mampu membantu influencer dalam membuat konten sesuai dengan batasan baru nanti.

Sayangnya, tak diketahui secara pasti tanggal berapa Instagram akan memberlakukan aturan baru ini. Pihaknya hanya menyebut dalam beberapa minggu ke depan. Artinya, kemungkinan kebijakan pembatasan iklan ini tak menutup kemungkinan baru tiba pada 2020 mendatang.

Baca juga :  Facebook Tidak Memberikan Data Akurat Kepada Peneliti Soal Penyebaran Berita Hoaks
spot_img

Artikel Terbaru