Sunday, December 8, 2019
Home News Market Update Xiaomi Tunjuk Bos Baru untuk Indonesia

Xiaomi Tunjuk Bos Baru untuk Indonesia

-

Jakarta, Selular.ID – Bos Xiaomi Indonesia resmi berganti. Stephen Shi yang menjabat Country Director Indonesia sejak awal 2017, sekarang dipercaya sebagai General Manager Xiaomi Regional dan bermarkas di Thailand. Steven akan bertanggung jawab penuh atas pengembangan bisnis perusahaan di seluruh kawasan Asia Tenggara.

Sebagai gantinya, Head of Poco Global Alvin Tse kini menjabat sebagai Country Director Xiaomi Indonesia terbaru per 1 Oktober 2019. Alvin akan memimpin pengelolaan operasional Xiaomi di Indonesia secara penuh.

Hampir dua bulan menjabat, Alvin Tse mengatakan telah memperhatikan situasi Xiaomi di pasar smartphone Indonesia. Apa yang menjadi kekurangan dan kelebihan brand-nya dibandingkan brand lain, termasuk perihal peringkat brand yang dinyatakan merosot oleh IDC Indonesia per Q3-2019.

“Angka yang dikeluarkan lembaga riset tidak menjadi patokan kami. Kami tidak tahu metode yang mereka gunakan sampai mencapai angka tersebut,” jawab Alvin, pada acara Coffee Talk with Alvin Tse di Jakarta, Kamis (21/11/2019).

“Yang pertama saya lakukan adalah saya berbicara dengan tim kami di Indonesia untuk mengetahui di titik mana Xiaomi kuat, dan di mana Xiaomi lemah. Kemudian saya menambal dan memperbaiki kelemahan itu,” sambungnya.

“Contohnya Xiaomi lemah di offline, maka saya tingkatkan penjualan offline kami,” jelasnya.

Melihat secara keseluruhan, Alvin menyebut pasar Indonesia sangat potensial karena masyarakatnya banyak yang muda dan lekat berinteraksi di media sosial, cocok dan sejalan dengan brand Xiaomi.

Alvin berjanji setidaknya akan ada dua perubahan besar dari kepemimpinan barunya di Indonesia.

“Pertama, kami ingin berdiskusi dan berbagi lebih banyak, agar kami mengerti keinginan konsumen dan sebaliknya, masyarakat mengerti brand Xiaomi,” ungkapnya.

Mulai dari kepemimpinan baru Xiaomi Indonesia di bawah komando Alvin, brand tidak akan fokus pada smartphone murah, melainkan fokus pada smartphone yang diinginkan konsumen.

“Kedua, kembali ke keinginan konsumen. Bukan (smartphone) yang paling murah atau yang paling mahal, melainkan mendengar (produk) apa yang diinginkan pengguna,” ucapnya.

Bukan ‘anak baru’, Alvin pertama kali bergabung dengan Xiaomi pada 2013 dan secara aktif terlibat dalam perintisan dan dominasi Xiaomi secara global di beberapa pasar kunci, termasuk India dan Eropa Barat.

Mempunyai dua jabatan sekaligus, saat ini Alvin juga menjabat sebagai pemimpin lini bisnis smartphone POCO.

Alvin merupakan lulusan dari Stanford University dengan gelar B.S. di bidang Management Science and Engineering. Sebelum bergabung dengan Xiaomi, Alvin memimpin tim Flipboard China. Dia juga adalah Entrepreneur in Residence di StartX.

Pengangkatan ini ditujukan untuk memperkuat struktur kepemimpinan di wilayah yang merupakan salah satu pasar utama bagi Xiaomi, serta dalam upaya untuk meningkatkan strategi ekspansi global perusahaan.

Latest