Monday, December 9, 2019
Home News Policy Pemerintah Luncurkan Portal Aduan ASN untuk Masyarakat

Pemerintah Luncurkan Portal Aduan ASN untuk Masyarakat

-

Jakarta, Selular.ID – Masyarakat bisa mengadukan perbuatan aparatur sipil negara (ASN) ke pemerintah melalui portal pengaduan bernama Aduan ASN di alamat website aduanasn.id

Pemerintah melalui 11 kementerian dan lembaga negara, mengajak masyarakat untuk tidak segan-segan mengadukan oknum ASN yang berulah, khususnya ASN yang terpapar radikalisme.

“Peluncuran ini sudah melalui proses panjang. Ideologi dan konstitusi negara kita harus dicamkan betul-betul oleh ASN. Tugas kami sekarang membantu agar ASN kita sebagai garda depan pemerintahan, untuk bekerja dalam satu semangat tim. Barangkali, ada ASN yang melihat Indonesia dengan kacamata yang lain, maka perlu diingatkan kembali bahwa ideologi dan konstitusi negara kita adalah kesepakatan final sebagai bangsa,” tutur Menteri Kominfo Johnny G Plate, usai penandatanganan Surat SKB penanganan radikalisme ASN disusul dengan peluncuran portal aduan ASN, di Hotel Grand Sahid, Jakarta Pusat (12/11/2019).

Johnny menuturkan, kemunculan portal ini berawal dari kerisauan yang berkembang di masyarakat. Pemerintah mengambil langkah dengan membentuk tim task force (kesatuan tugas) melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) 11 Kementerian dan Lembaga Negara. Dan Kementerian Kominfo menyediakan portalnya untuk memudahkan pengaduan ASN.

“Kami berharap konten yang diisi didukung dengan informasi akurat dan data yang valid. Jangan sampai diisi hoax,” katanya.

Karena tujuan portal pengaduan ini, kata Johnny, adalah untuk meningkatkan kinerja ASN kita dan membangun rasa kebangsaan yang tinggi.

“Kami berharap, ini akan memberi efek kepada masyarakat secara berantai, sehingga kehidupan berbangsa bernegara kita didasari semangat ideologi yang kuat,” katanya.

Masyarakat yang ingin mengadukan oknum ASN yang terpapar radikalisme bisa mengunjungi portal aduanasn.id dan menyampaikan aduannya dengan cara mendaftarkan diri, mengunggah tautan (link) serta screenshot situs atau konten yang dilaporkan disertai alasan, dan memantau proses penanganan yang dilakuan oleh Tim Aduan ASN.

Latest