Saturday, December 7, 2019
Home News Market Update Laba Merosot Drastis, LG Kembali Copot CEO

Laba Merosot Drastis, LG Kembali Copot CEO

-

Jakarta, Selular.ID – Raksasa elektronik Korea Selatan, LG Electronics, menggantikan CEO dan sejumlah pemimpin puncak lainnya pada Kamis (28/11/2019), setelah laba bersih merosot lebih dari 30 persen pada kuartal ketiga dan divisi smartphone-nya masih terus berjuang mengatasi keterpurukan.

LG adalah perusahaan elektronik terbesar kedua di Korea Selatan setelah Samsung. Perusahaan yang berbasis di Seoul ini, memproduksi berbagai produk, dari ponsel hingga televisi dan peralatan rumah tangga termasuk AC, mesin cuci dan lemari es.

CEO Jo Seong-jin, dijuluki “jenius mesin cuci”, diangkat pada Desember 2016, menggantikan presiden sebelumnya Juno Cho.

Jo dihormati di Korea Selatan karena perjalanannya yang mustahil ke puncak tanpa gelar sarjana di negara yang didorong oleh sistem pendidikan yang maju.

Namun dia telah berjuang untuk membalikkan divisi ponsel cerdas yang gagal. Pada bulan lalu, divisi ini mengumumkan kerugian yang merupakan rekor bagi perusahaan, karena mencapai 18 kuartal secara berturut-turut.

Sepanjang kuartal ketiga 2019, bisnis seluler LG mencatat kerugian operasional sebesar 161 miliar won ($ 135 juta). Meski masih berada di zona merah, kerugiannya jauh lebih kecil dibandingkan dengan kerugian operasi kuartal sebelumnya sebesar 313 miliar won. LG mengatakan efisiensi produksi dan peningkatan biaya membantu mengurangi kerugian.

Secara keseluruhan, laba bersih LG Electronics anjlok hingga 30,5 persen pada periode Juli-September dari tahun sebelumnya.

Masa jabatan Jo sebagai wakil ketua diperpanjang selama tiga tahun pada Maret 2018, tetapi LG mengatakan Kamis ia digantikan sebagai CEO oleh Brian Kwon, 56, yang berlaku mulai hari Minggu.

Keputusan itu juga mengubah chief financial officer (CFO) dan menciptakan jabatan baru chief strategy officer (CSO), sambil mengubah presiden unit hiburan rumah dan komunikasi selulernya.

“Kami telah menilai bahwa perusahaan membutuhkan proses pengambilan keputusan yang cepat, ketimbang bertahan dengan gaya manajemen yang diambil dari kesuksesan masa lalu,” kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

LG mengatakan bahwa pergantian itu berlangsung mulus. Jo disebutkan telah mengundurkan diri dan merilis foto dirinya dan penggantinya tersenyum dan saling berpelukan.

Kwon, lulusan dari Universitas Nasional Seoul dengan jurusan teknik industri. Ia telah bergabung dengan perusahaan selama 32 tahun dan memiliki “pengalaman dan keterampilan yang mendalam” di berbagai bidang termasuk data besar, kecerdasan buatan, dan teknologi cloud, tambah pernyataan itu.

Latest