Wednesday, November 13, 2019
Home News WhatsApp Uji Coba Penghapus Pesan Otomatis

WhatsApp Uji Coba Penghapus Pesan Otomatis

-

Jakarta, Selular.ID – WhatsApp dilaporkan tengah menguji coba fitur baru yang mampu menghapus pesan Anda secara terjadwal.

Fitur bernama ‘Disappearing Message’ diklaim mampu menghapus pesan Anda secara otomatis setelah periode waktu yang telah ditentukan. Fitur ini berguna terutama jika pesan tersebut mengandung konten sensitif.

Baca juga: Cara Membagikan Status WhatsApp ke Facebook Story

Dilansir WABetaInfo, fitur baru WhatsApp ini memungkinkan penggunanya bisa menjadwalkan pesan yang telah dikirimnya untuk dihapus dalam waktu 5 detik hingga 1 jam setelah pesan terkirim.

Lebih lanjut, Fitur ‘disappearing message’ juga dilaporkan hanya tersedia dalam obrolan grup. Tetapi tidak menutup kemungkinan WhatsApp akan meluncurkannya untuk semua jenis obrolan.

Meskipun begitu, WABetaInfo belum memiliki informasi lebih detail mengenai kapan fitur tersebut akan tersedia dalam versi resmi untuk semua pengguna WhatsApp secara global.

Sebelumnya fitur tersebut telah lebih dulu hadir untuk pengguna platform sosial media lainnya. Seperti Telegram yang juga memungkinkan penggunanya dapat menghapus pesan secara otomatis secara terjadwal.

Baca juga: 21 Tips dan Trik WhatsApp 2019

Sementara itu, dalam aplikasi Telegram, fitur penjadwalan pesan ini dinamakan ‘Schedule Message’. Penggunaannya cukup mudah, yakni setelah mengetik pesan di ruang obrolan, tahan tombol kirim hingga muncul pop-up “schedule messege”. Selanjutnya atur waktu yang bisa dikhendaki, lalu tekan bar bewarna biru di bagian bawah dan pesan akan otomatis terjadwalkan.

Tidak hanya kepada orang lain, fitur ini juga bisa digunakan untuk “Saved Message” atau pesan yang disimpan untuk diri sendiri. Kemudian, pesan ini akan menjadi pengingat yang akan muncul diponsel penggunanya sesuai dengan waktu yang telah terjadwal.

Latest