Thursday, January 30, 2020
Home News E-Commerce Tokopedia: Masyarakat Kian Hobi Investasi Digital

Tokopedia: Masyarakat Kian Hobi Investasi Digital

-

Jakarta, Selular.ID – Hasil studi berjudul Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) pada 2018-2019 menyebutkan bahwa market place Tokopedia telah membantu 78 persen pengguna menjadi lebih paham terhadap produk investasi digital.

Meningkatnya kesadaran keuangan digital di tengah masyarakat juga tergambar dalam data internal yang dirilis Tokopedia pada akhir kuartal III 2019, dimana produk dan layanan keuangan mengalami pertumbuhan signifikan.

AVP of Fintech Tokopedia, Samuel Sentana, mengatakan, “Di Tokopedia, produk investasi seperti Tokopedia Emas dan Tokopedia Reksa Dana semakin diminati oleh masyarakat Indonesia. Kedua produk ini terus mengalami peningkatan yang signifikan, baik dalam jumlah pengguna maupun transaksi.”

“Jumlah transaksi lewat Tokopedia Emas pada kuartal III 2019 meningkat hingga lebih dari lima kali lipat dibandingkan kuartal I 2019. Pengguna Tokopedia Emas juga meningkat hampir lima kali lipat pada bulan September 2019, jika dibandingkan dengan bulan Maret 2019,” jelas Samuel.

Tokopedia Reksa Dana di sisi lain juga mencatatkan peningkatan jumlah transaksi serta pengguna di kuartal III 2019. Transaksi yang tercatat di kuartal III 2019 meningkat hingga 146 persen dari kuartal I 2019.

Selain itu, dari segi jumlah pengguna, terdapat peningkatan hingga 150 persen pada bulan September 2019, jika dibandingkan dengan bulan Maret 2019.

Sejak awal, Tokopedia Emas dan Tokopedia Reksa Dana ditujukan untuk mendorong inklusi keuangan dengan menjadi pilihan investasi dengan harga yang terjangkau. Masyarakat dapat memulai berinvestasi mulai dari Rp500 lewat Tokopedia Emas dan Rp10.000 melalui Tokopedia Reksa Dana.

Selain itu, Tokopedia juga memastikan keamanan dalam berinvestasi karena para mitra penyedia layanan keuangan digital yang terhubung telah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain kedua produk tersebut, Tokopedia juga menyediakan produk-produk asuransi dan pinjaman. Untuk produk pinjaman, Tokopedia menyediakan fitur Modal Toko, yang memungkinkan penjualuntuk mengembangkan bisnisnya dengan mendapatkan modal usaha hingga Rp300 juta.

Latest