Wednesday, November 20, 2019
Home Smartphone Resmi, Pixel 4 dan 4 XL Usung Layar OLED 90Hz dan Kamera...

Resmi, Pixel 4 dan 4 XL Usung Layar OLED 90Hz dan Kamera Telefoto

-

Jakarta, Selular.ID – Ponsel generasi keempat besutan raksasa internet Google akhirnya resmi diluncurkan. Mewakili konsep sempurna ponsel Android, Pixel 4 dan Pixel 4 XL mengusung layar 90Hz dan kamera ganda.

Perbedaan utama kedua model terletak di layar. Google Pixel 4 menampilkan panel OLED 5.7 inci dengan resolusi 1080p+.

Model 4 XL mendapatkan layar lebih besar 6,3 inci, lebih tajam dengan resolusi QHD+.

Rasio aspek keduanya sama, 19:9. Tidak ada poni, bezel minimalis mewadahi berbagai hardware.

Fitur Smooth Display baru memungkinkan kecepatan refresh 90Hz. Untuk menghemat baterai, layar kembali ke default 60Hz saat aktivitas layar tidak memerlukan refresh tinggi.

Layar memiliki dukungan HDR dan mode Always-On seperti sebelumnya dan mendapatkan Ambient EQ baru yang melacak cahaya di sekitarnya untuk mengoptimalkan warna pada tampilan untuk pengalaman menonton terbaik.

Pixel 4 XL dilengkapi dengan komponen kamera yang sama dengan saudara kandungnya. Kamera utama memiliki sensor 12MP dengan autofokus Dual Pixel.
Kamera ini memiliki stabilisasi gambar optik dan elektronik, ditambah 1,4µm piksel dan aperture f/1.7.

Kamera telefoto baru di Pixel menampilkan sensor 16MP (1,0μm) ditambah OIS dan EIS. Panjang fokus tidak cukup dua kali lipat dari kamera biasa, tetapi software Super Resolution Zoom akan mencoba memperluas yang melampaui 2x zoom.

Kamera kedua juga membantu dengan rendering bokeh (model sebelumnya hanya mengandalkan teknologi Dual Pixel).

Kamera utama unggul pada pengambilan video 4K 30fps dan mode gerak lambat 120fps pada 1080p.

Ada modul ketiga di bagian belakang, tetapi ini bukan kamera, melainkan sensor spektral + flicker.

Ya, tidak ada kamera sudut ultrawide di sini, padahal duo model tahun lalu, Pixel 3, memiliki sensor ultrawide.

Untuk video chat, ponsel Pixel 4 memiliki kamera selfie 8MP. Sensor kedalaman 3D digunakan untuk membuka kunci wajah yang aman dan selfie bokeh.

Sayangnya, tidak ada pembaca sidik jari di ponsel ini.

Selain ukuran layar, kapasitas baterai juga berbeda. Pixel 4 mendapat baterai kecil 2.800mAh, sementara Pixel 4 XL jauh lebih baik dengan baterai 3.700 mAh.

Keduanya mendukung pengisian cepat 18W USB Power Delivery menggunakan pengisi daya yang disertakan. Pengguna juga bisa menggunakan charger nirkabel Qi sebagai gantinya.

Di departemen kinerha, kedua ponsel ditenagai Snapdragon 855 dengan RAM 6GB. Model dasar mendapatkan penyimpanan 64GB, satu-satunya pilihan upgrade adalah 128GB.

Tidak ada slot microSD atau slot kartu kedua apa pun. Sebagai gantinya, Anda mendapatkan kombo nano-SIM plus eSIM yang biasa.

Ponsel Pixel 4 memiliki bingkai aluminium dengan finishing matte. Bagian belakangnya yang tertutup kaca hadir dalam tiga warna berbeda: Just Black, Clearly White dan Oh So Orange.

Sudah mengantongi sertifikat IP68, artinya ponsel tahan air untuk daya tahan ekstra dan fitur speaker stereo.

Ponsel Pixel 4 sudah bisa dipesan lebih dulu di sejumlah negara. Pengiriman dimulai pada 22 Oktober di AS dan Taiwan berlanjut di Eropa, Australia dan Kanada.

Harga mulai dari $800 (~Rp11,4 juta) untuk 64GB Pixel 4 dan $900 (~Rp12,8 juta) untuk 64GB Pixel 4 XL.

Upgrade penyimpanan 12GB akan dikenakan biaya lebih $100 menjadikannya Rp12,8 juta untuk Pixel 4 dan Rp14,2 juta untuk Pixel 4 XL 128GB.

Latest