Wednesday, November 20, 2019
Home News Telco Palapa Ring Tuntas, Bakti Ajak Operator Bangun Akses Telekomunikasi

Palapa Ring Tuntas, Bakti Ajak Operator Bangun Akses Telekomunikasi

-

Jakarta, Seluar.ID – Pemerintah telah menuntaskan pembangunan tol langit (Palapa Ring), dari kawasan Barat sampai ke Timur Indonesia. Badan Aksesibilitas Telekomunikas dan Informasi (Bakti) pun mengajak operator untu membangun akses telekomunikasi dengan memanfaatkan akses Palapa Ring.

“Dengan rampungnya tol langit, kami telah berdiskusi dengan operator. Selama ini memang ada masalahnya, bukan hanya karena jumlah penduduk yang sedikit, tapi ada masalah biaya yang luar biasa karena pembangunan infrastruktur harus dilakukan melewati lautan. Itu biayanya mencapai tiga sampai empat kali lipat jika lewat darat,” ungkap Anang Achmad Latif, Dirut Badan Aksesibilitas Telekomunikas dan Informasi (Bakti) dalam sebuah diskusi di Gedung Utama Kemkominfo, Jakarta, Selasa (15/10/2019). .

Oleh karena itu, Anang menjelaskan pemerintah melalui Bakti menyiapkan infrastrukturnya melalui Palapa Ring. Tinggal selanjutnya, sambung dia, operator berperan menuntaskan masalah ketersediaan sinyal ke masyarakat.

“Palapa tidak sampai menyelesaikan masalah ketersediaan sinyal ke masyarakat. Tapi jalan tolnya sudah kami siapkan. Karenanya kami mengajak operator, yuk bersama-sama menyelesaikan masalah konektivitas. Memang tidak bisa masing-masing jalan sendiri,” paparnya.

Pada kesempatan itu, Anang juga menjelaskan bahwa di Palapa Ring barat dan tengah kini ada 10 opeator. Sedangkan di Palapa Ring timur, sambung dia, operator diberi kesempatan 3 bulan untuk uji coba secara gratis menggunakan jaringan Palapa Ring.

Dalam kesempatan yang sama, Andi Agus Akbar, VP Regulatory Management Telkomsel menyampaikan bahwa Telkomsel akan mengoptimalkan penggunaan Palapa Ring untuk pembangunan jaringan broadband di seluruh Indonesia.

“Di Palapa Ring Barat Telkomsel sudah membangun 44 BTS terintegrasi. Sementara di Palapa Ring Tengah sudah ada 53 BTS yang terintegrasi dan masih ada 133 site lagi yang akan dibangun. Sedangkan untuk Palapa Ring Timur Telkomsel akan membangun 449 BTS,” papar Andi.

Latest