Friday, November 15, 2019
Home News Mengukur Sinyal Telkomsel di Calon Ibukota Baru

Mengukur Sinyal Telkomsel di Calon Ibukota Baru

-

Jakarta, Selular.ID – Joko Widodo, Presiden RI telah mengumumkan Kabupaten Penajam Passer Utara sebagai salah satu daerqh yang bakal menjadi calon ibukota Negara.

Saya pun berkesempatan mengunjungi kabupaten Penajam Passer utara (PPU)untuk mengetahui bagaimana kondisi jaringan Telkomsel di daerah tersebut sert kesiapannya menyambut rencana pemindahan Ibukota.

Di kabupaten PPU ini Telkomsel memiliki total 240 BTS dengan cakupan jaringan 4G seluas 82 persen populasi. Jumlah pelqnggan di kabupaten ini sebanyak 116 ribu dengan jumlah pelanggan data sebanyak 62 ribu.

Untuk sampai ke kabupaten PPU, saya hatus melintasi teluk menggunakan speed boat dari pelabuhan penyebrangan Semayang di Balikpapan.

Di tengah perjalanan dengan speed boat saya sempat melakukan pengukuran layanan internet Telmomsel menggunakan aplikasi Ookla.

Kecepatan download yang didapat sebesar 5,7Mbps sedangkan kecepatan upload 13,7Mbps. Dengan kecepatan saya masih bisa menikmati streaming musik selama perjalanan.

Setelah menghabiskan waktu tempuh berkisar 10 menit, saya pun tiba di pelabuhan Penajam.

Di tempat ini pengukuran juga dilakukan. Hasil yang didapat luar biasa. Kecepatan download menyentuh angka 31,8Mbps sedangkan kecepatan upload sebesar 14,4Mbps.

Perjalanan pun dilanjutkan menuju pusat pemerintahan kabupaten PPU. Di sana saya bertemu dengan Budi Santoso, Kepala Diskominfo Kabupaten PPU.

Budi menjelaskan, sepanjang jalur pelabuhan hingga pusat pemerintahan kabupaten sudah tercover dengan jaringan 4G.

Di wilayah pusat pemerintahan ini kecepatan download tercatat sebesar 15,2Mbps dan upload sebesar 20,9Mbps.

Kunjungan ke Kabupaten PPU ini dilanjutkan dengan bersilaturahim ke rumah pribadi Wakil Bupati PPU, Hamdan.

Hamdan berharap rencana pemindahan Ibukota Negara ini dapat terealisasi dan PPU sebagai wilayah yang terpilih. Seiring dengan itu, Wilayah PPU pun akan dijadikan smart city, green city dan beautifull city.

Untuk mewujudkan Penajam sebagai smart city saat ini Pemkab PPU jugq sudah menerqpkan e-government.

Di kediaman wakil bupati ini kecepatan download menunjukkan angka 12,1Mbps dan kecepatan upload 13,4Mbps.

Latest