Saturday, July 11, 2020
Home Smartphone Ini Teknologi yang Tersemat di Kamera iPhone 11 Series

Ini Teknologi yang Tersemat di Kamera iPhone 11 Series

-

Jakarta, Selular.ID – Setelah meluncurkan ketiga iPhone 11 Series, Apple mengumumkan satu perubahan besar yang tersemat di dalamnya, yakni kamera.

Peningkatan yang terjadi pada kamera iPhone 11 Series tidak hanya terlihat secara fisik, tetapi juga terjadi dalam perangkat lunak yang turut memberikan gambar yang berkualitas.

Software bernama ‘Rendering Semantic’ ini mampu secara otomatis menyesuaikan highlight, bayangan, dan ketajaman pada area spesifik foto.

Dilansir dalam digitalTrends, kecerdasan buatan dalam software tersebut mengacu pada kemampuannya yang secara cerdas membagi informasi seperti yang dilakukan manusia. Kemampuan ‘Semantic’ dimulai dengan pengenalan subjek dalam fotografi.

Baca juga: iPhone X Series Akan Terima Fitur Kamera iPhone 11

Kamera iPhone akan secara otomatis mencari subjek dalam foto, tetapi hal ini berbeda pada ketiga iPhone 11 Series. Ketika ponsel pintar itu mendeteksi adanya subjek manusia, maka akan membedakan secara lebih detail sepeti antara kulit, rambut, atau bahkan alis.

Kemudian, selanjutnya kamera akan membuat segmen ini secara berbeda untuk mencapai hasil terbaik, menciptakan potret yang diekspos dengan baikdi latar belakang.

Fitur ‘Rendering Semantic’ menjadi sangat penting dan berbeda dari kamera lainnya. Hal ini dikarenakan, beberapa kamera biasanya tidak mengenali objek apa yang dipotretnya. Melainkan mereka hanya mengetahui warna dan kecerahan dari pixel yang diberikan.

Lebih lanjut, ketika Anda memilih profil warna ‘Potret’ pada Nikon atau Canon misalnya, kamera hanya menerapkan kemampuan warna piksel tertentu yang biasa ditemukan pada subjek manusia. Dengan begitu, kamera tidak benar-benar mengetahui apakah ada manusia atau tidak.

Baca juga: Bocor, Ini Tampilan iPhone 2020

Melalui ‘Rendering Semantic’, iPhone 11 dapat menerapkan penyesuaian lokal. Hal ini berarti langit yang cerah dapat dikurangi kecerahannya untuk mempertahankan warna dan detail gambar lainnya. Berbeda dengan detail pada wajah seseorang yang tidak berkurang sejauh itu, melainkan mempertahankan kedalaman dari subjek itu sendiri.

Tidak hanya itu, ketajaman juga bisa didapat pada subjek kulit dan rambut dengan kekuatan yang berbeda.

Sebelumnya, fitur ini telah ada dalam aplikasi editing foto seperti Adobe Photoshop, tetapi dengan tersematnya teknologi ini pada iPhone 11 Series tentunya akan membuatnya lebih praktis.

Latest