Monday, October 14, 2019
Home News Market Update Didorong Oleh 5G, Pasar Smartphone Akan Pulih Pada 2020

Didorong Oleh 5G, Pasar Smartphone Akan Pulih Pada 2020

-

Jakarta, Selular.ID – Perusahaan riset terkemuka IDC, memperkirakan bahwa pengiriman smartphone akan kembali ke pertumbuhan pada 2020. Hal itu terutama didorong oleh permintaan untuk perangkat 5G, yang menyasar pasar negara berkembang, serta promosi agresif yang dilakukan para vendor handset.

Perusahaan mencatat bahwa pasar smartphone saat ini menunjukkan tanda-tanda pemulihan, yang akan mengarah kepada pertumbuhan pengiriman yang lebih baik pada 2020.

Tahun ini, permintaan terhadap smartphone diprediksi masih melemah. Diperkirakan pengiriman akan datar (turun 0,4 persen) pada semester 2019, berkontribusi terhadap penurunan setahun penuh sebesar 2,2 persen dan menandai tahun ketiga berturut-turut dari kontraksi global.

Namun melihat tanda-tanda permintaan, IDC optimis, pada 2020 mendatang, pengiriman smartphone diproyeksikan tumbuh sebesar 1,6%.

Baca juga: Siapa Pemenang Dalam Perlombaan Smartphone 5G?

Sangeetika Srivastava, analis riset senior di IDC’s Worldwide Mobile Device Trackers, mencatat bahwa sulit untuk menentukan arah pasar ponsel cerdas, sebagian besar karena ketidakpastian ekonomi yang disebabkan oleh perang dagang AS dan China yang belum menunjukkan tanda-tanda mereda.

“Konsumen terus memegang perangkat mereka untuk waktu yang lebih lama, membuat penjualan sulit untuk vendor dan saluran yang sama,” katanya.

“Namun, ekspektasi promosi dan penawaran agresif pada paruh kedua 2019 bertujuan membantu membersihkan inventaris saluran dan membuat konsumen bersemangat tentang gelombang berikutnya dari teknologi ponsel cerdas yang akan mengarahkan pasar kembali ke pertumbuhan baru”, tambah Srivastava.

IDC menambahkan bahwa sementara ancaman perdagangan dan tarif terus mendominasi berita utama, “secercah harapan telah tiba untuk dunia smartphone dalam bentuk 5G”.

IDC mengharapkan penyebaran teknologi 5G semakin meningkat pada 2020, mengikuti penyebaran awal di tahun ini, dengan pengiriman 123,5 juta perangkat yang menyumbang 8,9 dari pasar global. Pada 2023, pasar diperkirakan akan tumbuh menjadi 28,1 persen.

Ryan Reith, VP Worldwide Mobile Device Trackers IDC, mengingatkan bahwa tidak ada jaminan bahwa 5G akan menjadi “penyelamat ponsel cerdas”, tetapi itu akan terbukti sebagai evolusi penting dalam teknologi selular.

Latest