Friday, October 18, 2019
Home News Apple Bersiap Gelontorkan Investasi Hingga USD1 Miliar

Apple Bersiap Gelontorkan Investasi Hingga USD1 Miliar

-

Jakarta, Selular.ID – Apple akan melakukan investasi baru, hingga USD1 miliar, bukan di Indonesia namun di India. Keputusan strategis ini dilakukan ketika perusahaan berencana untuk memulai upaya ekspor iPhone ‘Buatan India’ di seluruh dunia.

Langkah raksasa elektronik AS itu terjadi pada saat AS dan China terlibat dalam perang dagang, mendorong perusahaan-perusahaan yang selama ini sangat bergantung pada manufaktur di China untuk mencari tempat lain, demi membuat produk mereka lebih efisien.

β€œApple akan menginvestasikan USD1 miliar di India melalui mitranya. Mereka mengatakan produksinya akan digunakan untuk memenuhi permintaan produknya di pasar global,” kata sebuah sumber resmi, seperti dilansir dari Economic Times (17/9).

Foxconn, raksasa pembuatan kontrak Taiwan dan mitra produksi terbesar untuk Apple secara global, akan menjadi mitra investasi untuk dorongan terbaru pembuat iPhone itu.

Pabriknya di Chennai akan digunakan untuk memproduksi produk-produk untuk pasar global Apple. Investasi tersebut juga akan melibatkan sejumlah pemasok komponen, demi mendorong keterlbatan vendor lokal.

Baca juga: Soal Investasi Apple, BKPM: Sebaiknya Kita Tunggu Sampai Ada Realisasi

Apple pada awalnya mulai membatasi produksi lokal model-model tertentu di India melalui pabrik Bangalore dari mitra manufaktur lain – Wistron dari Taiwan – meskipun ekspansi baru sekarang dilakukan oleh Foxconn.

Sumber itu mengatakan “pengujian sedang berlangsung” untuk produk-produk yang telah dibuat di India, dan menambahkan bahwa “Apple juga mencari kejelasan” pada insentif ekspor yang saat ini ditawarkan pemerintah.

Menteri IT dan elektronik Ravi Shankar Prasad mengatakan pemerintah juga mendesak produsen iPhone untuk memperluas basis manufaktur di India, dan menggunakan negara itu sebagai pusat ekspor.

“Apple telah mulai memproduksi iPhone di India, membuat komponen dan juga mengekspor. Apple ada di papan atas sejauh kisah sukses produsen itu di India,” kata Prasad setelah pertemuan dengan pembuat elektronik.

Apple berharap mendapatkan bagian yang lebih besar dalam penjualan ponsel pintar melalui dorongan lokal, terutama jika perangkatnya dihargai secara agresif oleh pesaing seperti Samsung Korea dan OnePlus China.

Apple juga merasa bahwa produksi yang lebih tinggi di India, termasuk ke arah ekspor, akan membantu perusahaan memenuhi aturan pengadaan lokal 30% untuk membuka toko sendiri di sini.

Apple saat ini tengah bersiap untuk mendirikan tiga gerai utama di India, selain toko online. Perusahaan itu diketahui telah menyampaikan rencana tersebut kepada pemerintah. Toko-toko itu diharapkan akan muncul di Mumbai dan Delhi, menawarkan ‘pengalaman global’ bagi pengguna setia Apple.

Latest