Thursday, December 12, 2019
Home News Rumour Samsung Bakal Gunakan Android Message sebagai Pesan Standar

Samsung Bakal Gunakan Android Message sebagai Pesan Standar

-

Jakarta, Selular.ID – Samsung tengah mempertimbangkan untuk menggantikan standarisasi pesannya dengan Android Message. Hal itu diungkapkan oleh sebuah akun Reddit yang mengaku sebagai salah satu insinyur di Samsung.

Akun itu mengatakan upaya ini dilakukan perusahaan guna menghilangkan ‘sakit kepala’ ke pengguna Samsung versi Amerika Serikat.

Sakit kepala yang dimaksud mengacu pada proses perancangan platform pesan universal Rich Communication Service atau disingkat RCS di Negara Paman Sam.

Baca juga: Oppo dan Samsung Puncaki Top 10 Brand di Twitter Indonesia

Sebelumnya Google telah memotong jalur operator di Inggris dan Perancis guna merampungkan peluncuran platform RCS di dua negara tersebut.

Kendati Google berencana mengumumkan platform RCS di lebih banyak negara untuk menggantikan fitur SMS, belum dikonfirmasi jika AS menjadi salah satu negara yang dimaksud.

Amerika sendiri telah memiliki sistem RCS di masing-masing operator telekomunikasi. Hal itu akan menambah rumit perancangan platform RCS universal, menurut akun Reddit.

Dengan RCS, pengguna akan memiliki batas karakter yang jauh lebih besar daripada 160 karakter yang ada sekarang di SMS. Ada juga dukungan untuk pesan grup, tanda “pesan diterima-pesan dibaca” yang memberi tahu Anda ketika penerima melihat pesan yang Anda kirim, dan notifikasi yang memberi tahu ketika orang itu sedang menulis balasan.

Baca juga: Ini Fitur Smartphone Samsung Paling Berharga

Walaupun Google ingin platform RCS bersaing dengan aplikasi iMessages Apple yang terenkripsi, RCS tidak sepenuhnya mengenkripsi pesan.

Tampaknya taruhan terbaik Google untuk menerapkan RCS universal di negara-negara bagian adalah memotong jalur operator. Apakah Google mempertimbangkan akhir ini atau tidak, tidak jelas. Bagi para pengguna Android di negara-negara bagian yang menggunakan aplikasi perpesanan operator mereka atau aplikasi yang dimuat sebelumnya oleh pabrikan ponsel mereka, RCS universal akan menjadi langkah maju yang besar.

Tantangan terbesar Google dalam menghadirkan RCS adalah operator telekomunikasi setempat di negara manapun.

Baca juga: Banyak Upgrade, Saudara Samsung Galaxy A10 Siap Meluncur

Kehadiran RCS tentu akan menjadi sebuah perubahan bagi pengguna smartphone Android yang sehari-hari hanya menggunakan fitur SMS atau aplikasi chat biasa.

Latest