Monday, October 14, 2019
Home News Policy Kominfo: Ada Pembatasan Internet di Jayapura

Kominfo: Ada Pembatasan Internet di Jayapura

-

Jakarta, Selular.ID – Kerusuhan di Jayapura berdampak dengan lumpuhnya perekonomian dan komunikasi di sebagian kota. Kominfo juga turut melakukan pembatasan terhadap penggunaan layanan data internet. Tetapi layanan seluler seperti telpon dan SMS tetap bisa dilakukan di Jayapura.

Adanya rumor mengenai Kominfo melakukan pemblokiran penuh pada layanan Komunikasi di Jayapura, mendapat bantahan resmi dari Kominfo.

“Yang terjadi di Jayapura, ada yang memotong kabel utama jaringan optik Telkom yang mengakibatkan matinya seluruh jenis layanan seluler di banyak lokasi di Jayapura,” ujar Rudiantara, Menteri Kominfo RI di siaran pers yang dirilis hari ini, Jumat (30/8).

Baca juga: Kominfo Blokir Layanan Data Selular di Papua

Terkait dengan adanya pemotongan kabel, Telkomsel dikabarkan tengah berupaya memperbaikinya baik memperbaiki secara fisik kabelnya, maupun mengalihkan sejumlah jaringan trafik. Hal itu bertujuan agar komunikasi di Jayapura masih bisa terjalin melalui jaringan seluler berupa SMS ataupun Telpon.

Selain itu, Rudiantara juga mengatakan telah berkoordinasi dengan TNI/POLRI untuk membantu mengamankan situasi pada area terbuka di Jayapura.

Kondisi di Jayapura terlihat mencekam, setelah aksi demonstrasi yang digelar didepan kantor Gubernur Papua. Bahkan sebagian massa menduduki kantor Gubernur hingga pukul 21.00 WIT setelah aparat menembakkan gas air mata untuk memukul mundur para demonstran.

Sebelumnya, Kominfo juga melakukan perpanjangan terhadap pemblokiran data internet di Jayapura dalam siaran persnya (23/8). Lebih lanjut Rudiantara menyampaikan, pemblokiran akan dilakukan sampai situasi dan kondisi Tanah Papua benar-benar normal.

Baca juga: Pemblokiran Layanan Data Internet di Papua Masih Berlanjut

Kerusuhan yang terjadi ini merupakan buntut dari adanya aksi rasisme terhadap mahasiswa Papua oleh beberapa oknum pertengahan Agustus lalu.

Latest