Tuesday, November 19, 2019
Home News Kominfo Blokir Layanan Data Selular di Papua

Kominfo Blokir Layanan Data Selular di Papua

-

Jakarta, Selular.ID- Kerusuhan Manokwari beberapa waktu lalu membuat banyak pihak meresponnya, termasuk Kominfo.

Dalam keterangan resminya, Kominfo menyatakan telah melakukan pelambatan akses bandwidth di sejumlah wilayah Papua sejak senin (19/8). Hal itu dilakukan Kominfo guna mengurangi hoaks yang beredar di wilayah Papua.

“Kini Kominfo telah berkoordinasi dengan sejumlah aparat penegak hukum dalam upaya pemulihan situasi di wilayah Papua. Pemblokiran sementara layanan data telekomunikasi menjadi keputusan akhir yang digarap oleh Kominfo,” ungkap Ferdinandus Setu, Plt Kepala Biro Humas Kominfo RI.

Baca juga: Kominfo Sumbat Akses Media Sosial di Papua

Kominfo juga mengatakan pemblokiran itu masih bersifat sementara, dimulai dari Rabu (21/8) sampai dengan situasi kembali kondusif.

Terakhir dilaporkan, Kemkominfo telah mengindentifikasi dua hoaks yakni hoaks foto papua tewas dipukul aparat di Surabaya dan hoaks yang menyebutkan bahwa Polres Surabaya menculik dua orang pengantar makanan untuk mahasiswa Papua.

“Kemkominfo imbau masyarakat utk tidak sebarkan hoaks, disinformasi, ujaran kebencian berbasis SARA yang dapat membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa kita,” pungkas Ferdinandus.

Latest