Sunday, November 17, 2019
Home Apps Google Lens Siapkan Pemindai Teks

Google Lens Siapkan Pemindai Teks

-

Jakarta, Selular.ID – Google dikabarkan tengah menggarap fitur pemindai teks pada foto. Fitur AI pada Google Lens itu akan memungkinkan penggunanya mencari teks dalam gambar di search engine raksasa.

Selain fungsi utamanya yang memang untuk mencari kode WiFi, fitur Lens itu sendiri memang bisa mengambil teks dalam foto yang telah tersedia dalam perpustakaan Google.

Kini Google menghadirkan kemampuan yang mengesankan pada AI-nya, berupa kemampuan untuk mencari teks tanpa harus memilih foto terlebih dahulu. Hal Itu menunjukkan Google melakukan OCR (Optical Character Recognition) pada seluruh koleksi foto Anda secara otomatis.

Baca juga: Google Rombak Tampilan Play Store

Teknik OCR yang diusung Google dilengkapi dengan pilihan salin atau tempel teks yang terdapat pada foto itu baik tangkapan layar suatu tulisan maupun dokumen.

Bahkan, sejumlah pengguna Twitter menuliskan sejumlah cuitannya tentang fitur baru milik Google tersebut.

Dilansir dari Twitter resmi, Google merespon cuitan dari akun Hunterwalk dengan mengatakan kemampuan untuk mencari foto-foto dengan teks di dalamnya akan diluncurkan Agustus ini.

“Setelah Anda menemukan foto yang Anda cari, klik tombol Lens untuk dengan mudah menyalin dan menempelkan teks. Ambillah, kata sandi wifi yang tidak mungkin,” tutup Google dalam cuitannya.

Seperti yang sudah diketahui, Google telah membocorkan akan segera merilis fitur itu sejak 2017 lalu pada konferensi Google’s 2017 I/O Developer.

Dilansir dari TheVerge, CEO Google Sundar Pichai mengatakan fitur baru yang sedang dikerjakan yang memungkinkan kamera Lens bertenaga AI memahami konteks foto.

Sejak itu, Google Lens telah menambahkan kemampuan untuk mencari foto item menu di web, menambahkan informasi kontak dari kartu bisnis ke buku alamat, dan segala macam trik terkait OCR lainnya.

Latest