Sunday, August 25, 2019
Home Smartphone Chipset Exynos 9825 Topang Samsung Galaxy Note 10 Series

Chipset Exynos 9825 Topang Samsung Galaxy Note 10 Series

-

Jakarta, Selular.ID – Hanya beberapa jam sebelum Samsung mengungkap Galaxy Note 10 series di Amerika Serikat, produsen secara resmi memperkenalkan chipset yang akan memberi daya perangkat di luar pasar AS.

Chipset Exynos 9825 diproduksi Samsung sendiri menggunakan proses EUV 7nm. Dengan menggunakan proses ini, akan lebih banyak transistor yang cocok di dalam chip baru daripada jumlah yang digunakan dalam chipset sebelumnya, 8nm Exynos 9820.

Hal ini diklaim Samsung akan mengarah pada peningkatan kinerja 20% hingga 30% sementara Exynos 9825 mengkonsumsi daya 30% hingga 50% lebih sedikit.

EUV adalah kependekan dari ultra-ultraviolet lithography. Ini adalah teknologi yang menggunakan sinar ultraviolet untuk mengetsa silikon dalam detail yang lebih halus memungkinkan penempatan sirkuit yang lebih tepat di dalam chip.

Samsung mengatakan bahwa Exynos 9825 mirip dengan Exynos 9820 yang digantikannya, dilengkapi dengan dua CPU khusus Samsung, dua CPU Cortex-A75 untuk tugas-tugas kompleks dan empat CPU Cortex-A55 untuk tuntutan daya yang lebih rendah.

Unit proses grafis (GPU) pada chip adalah ARM Mali-G76 MP12 (sama seperti Exynos 9820).

Paduan CPU A-75 dan GPU akan berlari lebih cepat dari Exynos 9820; kecepatan clock yang lebih cepat dan penggunaan 7nm EUV membantu chip terbaru untuk bekerja lebih cepat dari pendahulunya.

Chip juga akan memiliki Neural Processing Unit (NPU) yang terintegrasi untuk membantu menjalankan fitur kecerdasan buatan (AI) untuk kamera smartphone yang memungkinkan pengenalan objek untuk mengoptimalkan foto. Ini juga digunakan untuk mempelajari pola pengguna dan membantu aplikasi memuat lebih cepat.

NPU juga dapat mendukung kemampuan Augmented Reality pada handset.

Exynos 9825 juga dilengkapi dengan Universal Flash Storage (UFS) 3.0, yang memiliki bandwidth dua kali dan menggunakan lebih sedikit energi daripada UFS 2.1. Itu juga dapat berjalan pada suhu yang lebih tinggi.

UFS 3.0 memiliki kecepatan baca sekuensial hampir 2.280 MB/detik dibandingkan dengan sekitar 800MB/detik dengan UFS 2.1. Sedangkan untuk modem pada Exynos 9825, itu adalah modem 4G LTE-Advanced Pro yang terintegrasi dengan 8x Carrier Aggregation (CA).

8x CA menggabungkan operator untuk membentuk saluran data yang lebih besar untuk meningkatkan kapasitas pada jaringan. Ini adalah salah satu alat yang digunakan oleh penyedia nirkabel untuk meningkatkan kecepatan data.

Dan ketika dipasangkan dengan modem Exynos 5100 5G Samsung (yang mendukung gelombang udara mmW dan sub-6GHz 5G), Exynos 9825 akan mendukung konektivitas nirkabel generasi berikutnya.

Exynos 9825 mendukung memori LPDDR4X dan kamera 22MP di bagian belakang dan depan. Ini juga akan bekerja dengan pengaturan dua kamera (16MP+16MP). Video dapat direkam dalam kualitas 8k pada 30fps dan perekaman video 4K UHD pada 150fps.

Menggunakan teknologi yang dikenal sebagai fungsi yang tidak dapat dikloning secara fisik (PUF), chip akan mengisolasi dan mengamankan data pribadi pengguna.

Secara historis, Samsung biasanya menggunakan chipset Snapdragon terbaru besutan Qualcomm untuk menopang Galaxy Note terbaru di AS, sementara chipset Exynos akan digunakan di perangkat sama hampir di semua negara lainnya.

Baik Samsung Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10+ di AS akan dilengkapi dengan Platform Mobile Snapdragon 855+, yang diproduksi oleh TSMC menggunakan proses 7nm.

Latest