Wednesday, November 20, 2019
Home Apps Selain Lebih Cepat, Browser Firefox Preview Hadirkan Fitur Privasi

Selain Lebih Cepat, Browser Firefox Preview Hadirkan Fitur Privasi

-

Jakarta, Selular.ID – Firefox dikabarkan akan merilis sebuah peramban Firefox versi baru untuk Android, yang namanya sejauh ini digadang-gadang Firefox Preview. Kabarnya, pramban ini memiliki fitur yang mampu meningkatkan kecepatan menjelajah internet, hingga dua kali lebih kencang dibanding versi Firefox sebelumnya.

Seperti dilaporkan Android Authority, fitur ini masih berupa versi pratinjau dan belum final. Kendati begitu, bagi yang ingin menjajal, Firefox Preview sudah bisa diunduh dari toko aplikasi Google Playstore.

Firefox Mozilla memperkirakan versi final dari Firefox Preview akan hadir menjelang akhir tahun ini, sebagaimana ada kemungkinan fitur atau desain akhirnya nanti akan berbeda dari yang ditampilkan sekarang.

Dilaporkan, pratinjau ini didukung sejumlah fitur baru, misalnya GeckoView, seperti telah disebutkan diatas, bahwa fitur ini mampu meningkatkan kecepatan menjelajah internet, hingga dua kali lebih kencang.

GeckoView merupakan engine peramban yang sebelumnya sudah diterapkan di browser desktop Firefox Quantum dan peramban mobile Firefox Focus yang otomatis memblokir iklan.

Selain itu, Firefox Preview juga memiliki fitur privasi bernama Tracking Protection.yang tertanam langsung di dalam aplikasi. Pengguna tidak perlu add-on atau aplikasi tambahan untuk melindungi diri mereka dari pelacakan situs-situs berbahaya serta iklan-iklan mengganggu yang sering muncul.

Peramban Firefox Browser dulu memiliki kotak alamat URL yang terletak di bagian atas. Para early adopter Firefox Preview diharapkan memberi umpan balik untuk bantuk menyempurnakan peramban baru tersebut sebelum dirilis.

Perlu diketahui, Firefox Preview dengan fitur privasi bernama Tracking Protection bukan satu-sattunya, sebelumnya, Firefox sedang menguji fitur anti-pelacakan baru yang akan mencegah sebuah situs mendapatkan “sidik jari”dan melacak, bahkan setelah pengguna menghapus cookie, di Firefox versi desktop.

Selain itu, browser sekarang akan secara eksplisit memblokir skrip penambangan cryptocurrency yang mencoba membajak sumber daya komputer untuk menambang mata uang digital.

Kedua fitur pada awalnya akan tersedia di browser versi malam dan versi beta.
Para pelacak menggunakan sidik jari untuk mengetahui bagaimana cara situs dan pengiklan online dapat melacak Anda (berdasarkan agregasi banyak detail kecil tentang konfigurasi sistem).

Selain memblokir pelacakan sidik jari, Firefox juga akan segera secara eksplisit memblokir skrip cryptomining dari menggunakan sumber daya komputer Anda. Pengguna akan dapat mematikan pemblokiran hanya untuk cryptominer yang dipilih.

Fitur-fitur baru adalah bagian dari langkah yang lebih luas oleh Mozilla untuk meningkatkan privasi pengguna. Fitur-fitur baru Firefox akan tersedia di Nightly builds di versi 68 dan Beta builds di versi 67.

Untuk mengaktifkannya, Anda harus menuju ke tab “Privasi & Keamanan” dari menu Preferensi, pilih bagian “Kustom” dalam “Pemblokiran Konten,” dan centang kotak di sebelah “Cryptominer” dan “Opsi sidik jari”.

Latest