Sunday, December 8, 2019
Home Apps Rekaman Suara Google Assistant Diam-diam Bisa Didengar

Rekaman Suara Google Assistant Diam-diam Bisa Didengar

-

Jakarta,Selular.ID- Masalah privasi layanan Google kembali dipertanyakan. Media asal Belgia, VRT NWS, melaporkan bahwa Google Assistant dan juga speaker pintar Google Home merekam suara dari para penggunanya dan diam-diam bisa didengar oleh pegawai Google.

Suara yang terekam tidak hanya suara perintah yang dikatakan setelah mengaktivasi asisten virtual Google, sehingga kemungkinan ada informasi sensitif.

Tidak hanya itu seperti dilaporkan BGR,
VRT News mendengarkan lebih dari seribu kutipan, 153 di antaranya adalah percakapan yang seharusnya tidak pernah direkam dan tidak diaktifkan dengan perintah “Ok

VRT NWS menyebut beberapa rekaman sensitif yang ikut terekam diam-diam seperti percakapan orangtua kepada anak, percakapan ranjang, dan panggilan telepon profesional yang berisikan informasi rahasia.

Mungkin banyak yang abai tentang persyaratan mengenai ketentuan Google Home dan Google Assistant, sebab tidak semua orang akan membaca semua persyaratan sebelum menyetujui

Dalam ketentuan tersebut menyebutkan, bahwa bahwa apapun pesan suara yang diperintahkan ke Google Home dan Google Assistant akan direkam dan disimpan. Tetapi banyak yang tidak menyadari. Sebab tidak semua orang akan membaca semua persyaratan sebelum menyetujui.

Namun yang tidak tertulis dalam syarat dan ketentuan tersebut adalah diperbolehkannya pegawai Google untuk mendengar kutipan rekaman tersebut. Google sempat membantah tudingan tersebut.

Google juga telah membuat pernyataan resminya yang diungah di blog resmi Google. Perusahaan teknologi itu mengatakan akan menginvestigasi masalah privasi ini.

Latest