Thursday, November 21, 2019
Home Apps Google Terus Kembangkan OS Fuchsia dan Buat Situs Untuk Pengembang

Google Terus Kembangkan OS Fuchsia dan Buat Situs Untuk Pengembang

-

Jakarta, Selular.ID – Beberapa tahun belakangan ini, Google tengah mengembangkan sistem operasi mobile baru yang dijuluki Fuchsia. OS ini diharapkan pada akhirnya bisa menggantikan Android.

Disebutkan, sistem operasi Fuchsia merupakan alternatif jika suatu saat sistem operasi ponsel pintar Android tidak mampu bersaing dalam industri.

sejauh ini kesiapan Google untuk Fuchsia, sudah sampai tahap pembuatan situs untuk pengembang fuchsia.dev. Dalam situs tersebut itu berisi instruksi dan cara bagaimana pengembang dapat menggunakan sistem operasi yang masih dalam tahap awal, termasuk perangkat lunak pendukungnya.

Situs Fuchsia juga menjelaskan bagaimana sistem operasi itu bekerja.Seperti dilaporkan Slashgear, Fuchsia berbeda dengan Android yang berjalan dengan kernel Linux. Fuchsia menggunakan microkernel Zircon, yang sebelumnya bernama Magenta.

OS Fuchsia pada November 2018 menyatakan dukungan untuk chip Huawei Kirin 970 dan sistem operasi itu dimasukkan ke ponsel Honor Play.

Dan sepertinya Google tengah dalam tahap akhir untuk menggulirkannya, karena perusahaan baru saja merekrut orang baru yang ahli dalam merilis ke pasar.

OS Fuchsia pada November 2018 menyatakan dukungan untuk chip Huawei Kirin 970 dan sistem operasi itu dimasukkan ke ponsel Honor Play.

Seperti diketahui, dalam mengembangkan Fuchsia, Google sepertiya tidak setengah-setengah hal ini dilakukan dengan menggaet Bill Stevenson, yang telah bekerja di Apple selama hampir 15 tahun.

Hal tersebut diketahui di profil LinkedIn-nya bahwa ia akan bergabung dengan Google bulan depan untuk membantu membawa “sistem operasi baru Fuchsia ke pasar.

Sepanjang waktunya di Apple, Stevenson telah bekerja di sejumlah proyek terkait cloud seperti AirPlay, iCloud untuk Mac, dan Find my Mac, sementara ia juga memimpin berbagai proyek yang terkait dengan Mac OS X.

Namun baru-baru ini ia telah menjadi Manajer Senior untuk manajemen Program Mac/Windows. Tentu portfolio-nya sangat berguna untuk mempersiapkan aplikasi untuk Fuchsia serta mengintegrasikan dukungan penuh untuk aplikasi Android.

Google sendiri belum mengumumkan proyek Fuchsia sampai saat ini sehingga tidak diketahui jadwal peluncuran raksasa internet ini.

Latest