Sunday, December 8, 2019
Home News Market Update Gartner: Penjualan Smartphone Menyusut Tajam pada 2019

Gartner: Penjualan Smartphone Menyusut Tajam pada 2019

-

Jakarta, Selular.ID – Penjualan ponsel (mayoritas smartphone) telah mencapai puncaknya dalam beberapa tahun terakhir dan lembaga riset Gartner memperkirakan pada 2019 pasar ponsel global akan menyusut tajam dengan 68 juta unit, atau terjun 3,8% jika dibandingkan dengan penjualan ponsel tahun lalu.

Gartner memaparkan gambaran jangka panjang dari perkiraanya untuk pasar ponsel sampai 2021, dan yang menarik, mereka hanya memprediksi penurunan tajam dalam penjualan tahun ini, dengan pemulihan menyusul pada tahun 2020 dan pasar tetap stabil (dengan sedikit penurunan) pada tahun 2021.

Berikut angka yang diprediksi di bawah ini:

Menariknya, angka-angka menunjukkan bahwa pasar ponsel telah kehilangan sedikit bobotnya dari masa-masa kejayaannya:

“Pengiriman pasar ponsel saat ini 1,7 miliar atau sekitar 10% di bawah 1,9 miliar pengiriman yang dicapai pada 2015,” kata Ranjit Atwal, direktur riset di Gartner.

“Jika ponsel tidak menyajikan utilitas, efisiensi, atau pengalaman baru yang signifikan, pengguna tidak akan memutakhirkannya, dan akibatnya, meningkatkan masa pakai perangkat.”

Pada dasarnya, Gartner mengatakan penjualan smartphone akan menurun 2,5% pada 2019. Itu adalah penurunan terburuk sepanjang masa di industri ini.

Perusahaan juga memperkirakan orang akan lebih lama menggunakan ponsel kelas atas mereka, menjadikan masa pakai rata-rata ponsel kelas atas akan meningkat dari 2,6 tahun menjadi hampir 2,9 tahun hingga 2023.

Tentu saja, semua laporan jangka panjang seperti itu harus Anda terima sebatas ‘perkiraan’ karena sulit memprediksi pasar yang sangat dinamis dan bergerak cepat seperti pasar ponsel selama bertahun-tahun yang akan datang.

Latest