Monday, October 14, 2019
Home News Rumour DJI Rancang Drone Untuk Balapan

DJI Rancang Drone Untuk Balapan

-

Jakarta, Selular.ID – Melenceng dari fungsi awal, drone kini banyak digunakan untuk balapan. Kompetisi dan liga balap drone bermunculan.

Sayangnya, produsen drone tidak ada (atau belum ada) yang merancang pesawat khusus untuk kompetisi ini. Umumnya, pembalap merakit sendiri drone untuk balapan dari komponen yang tidak tersedia dari vendor.

Melihat fenomena itu, vendor drone ternama DJI tampaknya siap merilis drone first-person-view (FPV) pertamanya. Dilansir dari DroneDJ, menurut pengajuan FCC, ada tiga produk DJI yang baru-baru ini terdaftar di badan pemerintah yakni DJI FPV Air Unit, Remote Controller DJI FPV, dan DJI FPV Goggles.

Dengan FPV, drone mendatang juga bisa dikendalikan layaknya mengemudikan pesawat. Dengan bantuan kacamata VR, pengguna akan bisa melihat sudut pandang layaknya seorang pilot yang tengah berada di kokpit pesawat.

Sebelumnya DJI juga pernah mencoba drone FPV. Perusahaan merilis headset berukuran VR PlayStation dijuluki DJI Goggles pada tahun 2017 yang bekerja dengan beberapa drone berbeda DJI. Dan solusi itu kini berkembang drastis.

“Pesawat udara FPV tanpa awak” akan menggunakan kacamata khusus dan pengontrol terdengar lebih seperti drone yang dibuat untuk balap, atau paling tidak, kemampuan manuver yang tinggi.

Jika kabar itu benar, cukup masuk akal. DJI adalah pemimpin dalam drone konsumen, dan rival-rivalnya seperti GoPro, Robotika 3D, dan Parrot semakin memperluas bisnisnya ke berbagai tingkat. Tetapi DJI tidak memiliki drone yang dibuat khusus untuk balapan/FPV, segmen yang sedang tumbuh di pasaran.

Selain untuk balapan, ada juga ledakan permintaan di dunia videografi untuk drone FPV. Pilot drone FPV yang berbakat menempatkan keterampilan mereka untuk melakukan segalanya demi konten agar viral.

Satu hal yang perlu diingat, adalah, drone FPV cenderung banyak crash. Mereka bergerak jauh lebih cepat, dan bisa lebih sulit untuk dikendalikan. Alasan utama mengapa drone FPV sering dirakit dari bagian yang tidak tersedia adalah karena dengan begitu akan lebih mudah untuk memperbaikinya ketika mereka jatuh.

Latest