Thursday, October 24, 2019
Home News Feature Berkat Pixel, Google Mampu Menjual Lebih Banyak Smartphone

Berkat Pixel, Google Mampu Menjual Lebih Banyak Smartphone

-

Jakarta, Selular.ID – Google mampu menjual dua kali lebih banyak smartphone di Q2 dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu. Keberhasilan itu didorong oleh keputusan perusahaan merilis handset yang ramah di kantong konsumen, Pixel.

Sesuai laporan konsolidasi pada induk perusahaan Alphabet, CEO Google Sundar Pichai mencatat bahwa peluncuran Pixel 3a pada Mei lalu, membantu mendorong penjualan, seperti halnya perluasan jalur distribusi di AS yang menyertakan sebagian besar operator utama sebagai mitra penjualan.

Perusahaan sebelumnya memiliki pengaturan distribusi eksklusif dengan Verizon untuk model sebelumnya. Namun belakangan, Google memilih untuk menjual Pixel 3a melalui T-Mobile, Sprint, US Cellular dan mitra lainnya juga. Pichai mengatakan langkah itu “sangat mendiversifikasi jejak penjualan kami di AS”.

Penjualan Pixel berkontribusi pada peningkatan 40 persen dalam kategori “pendapatan lain” Google (yang mencakup pendapatan Pixel, Nest, Play Store, dan layanan cloud) menjadi US$ 6,2 miliar, dibandingkan dengan US$ 4,4 miliar pada Q2 2018.

Alphabet melaporkan total pendapatan sebesar US$ 38,9 miliar di Q2, meningkat 19% tahun-ke-tahun. Penghasilan dari bisnis periklanan inti yang dijalani Google merupakan bagian terbesar dari jumlah itu, mencapai $ 32,6 miliar, dibandingkan dengan US$ 28,09 miliar pada Q2 2018.

Keuntungan US$ 9,9 miliar naik secara substansial dari US$ 3,2 miliar pada kuartal tahun lalu. Pencapaian itu terbilang fenomenal, mengingat Google harus mengeluarkan biaya US$ 5 miliar terkait dengan denda dari regulator Eropa, karena menilai raksasa asal Cupertino, California itu, memonopoli pasar iklan digital lewat mesin pencari.

Latest