Sunday, July 21, 2019
Home News E-Commerce Bea Cukai Fasilitasi UMKM Kirim Produk ke Luar Negeri

Bea Cukai Fasilitasi UMKM Kirim Produk ke Luar Negeri

-

Jakarta, Selular.ID – Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memiliki peran yang strategis dan penting untuk menopang perekonomian Indonesia, khususnya untuk melakukan ekspor dan meningkatkan devisa negara.

Hal tersebut dikarenakan jumlah industri UMKM yang besar dan terdapat dalam setiap sektor ekonomi, serta potensinya yang besar dalam menyerap tenaga kerja.

Dalam rangka optimalisasi menggenjot ekspor, dan mendukung kemajuan UMKM, Bea Cukai menyampaikan bahwa terdapat sebuah fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha, yaitu kemudahan tujuan ekspor untuk Industri Kecil Menengah.

Vita Budhi Sulistyo, Kepala Subdit Ekspor Dirjen Bea dan Cukai, mengatakan untuk memfasilitasi UMKM untuk ekspor produknya adalah, menekan biaya produksi sehingga keuntungan dan daya saing dapat meningkat yang pada akhirnya bisa menstimulus para pelaku UMKM untuk melakukan ekspor dan meningkatkan devisa negara.

“Kami akan mengakomodir UMKM misalnya soal regulasi.Bahkan, para penjual terpilih juga akan menerima pendampingan soal regulasi kepabeanan dari Direktorat Jenderal (Dirjen) Bea Cukai,”janji Vita Budhi Sulistyo, di Jakarta (03/07/19).

Dikatakan dia selama ini masalah regulasi yang menyebabkan mereka sulit bersaing, termasuk ketentuan ekspor dan impor di negara tujuan, syarat-syarat distribusi di luar negeri, dan dokumentasi semua diberikan kemudahan.

Dengan banyaknya pelaku UMKM yang menggunakan fasilitas ini maka kedepannya ia berharap UMKM akan semakin maju, yang akan berdampak pada perkembangan ekonomi Indonesia pada umumnya.

Ditambahkan Vita Budhi Sulistyo, bagi e-commerce Dirjen Bea dan Cukai pun akan meringankan pajak jika pelaku e-commerce terus mendorong UMKM yang berupaya memasarkan produknya ke luar Indonesia.

“Pasti akan ada keistimewaan bagi e-commerce yang terus berupaya mendorong UMKM untuk mengekspor produknya,”tutup Vita Budhi Sulistyo.

Latest