Thursday, October 24, 2019
Home Review Smartphone & Gadget Terlengkap Asus Zenfone Live L2: Smartphone Harga Sejutaan yang Berjuta Rasa

Asus Zenfone Live L2: Smartphone Harga Sejutaan yang Berjuta Rasa

-

Jakarta, Selular.ID – Dibanderol seharga Rp1.199.000 Zenfone Live L2 milik Asus ini mengundang perhatian saya. Pasalnya, smartphone seharga sejutaan ini memiliki tampilan yang cukup menawan tidak seperti smartphone harga sejutaan.

Tampilan menawan ini ZenFone Live L2 hadir dengan desain bodi baru yang saya pegang menggunakan tampilan Cosmic Blue yang katanya terinspirasi oleh luar angkasa.

Jika dibandingkan seri terdahulunya, Zenfone Live L2 tampil lebih stylish. Tampilan baru ini menghadirkan gradasi warna cantik yang menurut Asus menghadirkan nuansa kosmik dan jagat raya yang misterius.

ZenFone Live L2 hadir dengan layar full-view berukuran 5,5 inci (18:9) dan memiliki screen-to-body ratio hingga 82%. Yang berarti layar Zenfone Live L2 juga lebih besar dari seri sebelumnya.

Layar Zenfone Live L2 menampilkan konten dengan tingkat kecerahan hingga 400 nits untuk pengalaman menonton yang lebih sinematik.

Smartphone besutan Asus ini memiliki ketebalan 4mm dengan berat berkisar

paket penjualan zenfone live l2
Paket penjualan Zenfone Live L2

Untuk fungsionalitas, Asus menempatkan tombol-tombol yang cukup sederhana di perangkatnya ini. Di sisi kanan terdapat tombol power dan volume rocker. Sedangkan di sisi sebelah kiri hanya terdapat slot untuk dua kartu SIM yang mendukung fitur dual standby, sekaligus dengan satu kartu memori MicroSD.

ZenFone Live L2 bahkan mendukung penggunaan kartu memori MicroSD dengan kapasitas hingga 2TB, membuat penggunanya dapat menyimpan berbagai video, foto, musik, dan konten favoritnya secara lebih leluasa.

Di permukaan depan, terdapat satu buah kamera di sudut kiri atas dan lubang speaker di sisi sebelahnya. Sedangkan permukaan belakang terlihat ada logo Asus yang ter-gravier rapih dan juga terdapat bulatan kamera di sudut kiri atas dengan LED flash di bawahnya.

Di bilah atas hanya terdapat lubang untuk jack audio. Sedangkan di bilah bawah terdapat slt micro USB dan lubang speaker.

Lalu bagaimana dengan kinerja yang ditawarkannya?

Di seri ini Asus tidak hanya menawarjan desin yang berbeda dengan seri sebelumnya. Asus juga menghadirkan peningkatan dari sisi performa dan baterai menggunakan teknologi terbaru.

Baterai yang diusung oleh Zenfone Live L2 berkapasitas 3.000mAh yang mampu membuat smartphone ini bertahan selama 28 jam jika digunakan untuk melakukan panggilan telepon pada jaringan 3G.

Dengan kapasitas baterai tersebut, ZenFone Live L2 juga dapat digunakan untuk memutar hingga 8 film, memutar musik tanpa henti selama 4 hari, serta memiliki waktu standby pada jaringan 4G hingga 28 hari.

Daya tahan baterai yang lebih baik tersebut juga dapat dihadirkan berkat penggunaan prosesor mobile Qualcomm Snapdragon 430 yang disematkan di dalam smartphone ini.

Seperti diketahui, prosesor mobile Qualcomm Snapdragon 430 memiliki performa yang lebih baik dari Snapdragon 425 yang digunakan di seri ZenFone Live sebelumnya.

Asus Zenfone Live L2 ini dibekali RAM sebesar 2GB dan ruang penyimpanan internal seluas 16Gb.

Untuk digunakan beermain game, performa Zenfone Live L2 ini cukup lumayan dapat memainkan game PUBG dengan grafis medium. Untuk smartphone di kelasnya setngan grafis ini sudah terbilang bagus.

Hasil benchmar Zenfone Live L2

Fitur

ASUS ZenFone Live L2 menggunakan ZenUI 5 yang menghadirkan lebih banyak fitur untuk memaksimalkan pengalaman penggunaan. Salah satu fitur unggulan ZenUI 5 adalah Game Genie yang memungkinkan pengguna ZenFone Live L2 untuk memblokir semua notifikasi ketika sedang bermain game. Tanpa gangguan notifikasi, sesi bermain game pun dapat lebih menyenangkan.

Fitur lainnya adalah Video Trimmer & Collage. Fitur ini memungkinkan pengguna ZenFone Live L2 memangkas dan menggabungkan klip video secara mudah tanpa perlu aplikasi pihak ketiga.

Fitur ini memudahkan pengguna berkreasi dengan video klip yang dimilikinya untuk kemudian dibagikan ke media sosial.

Kamera

Asus ZenFone Live L2 mengusung kamera utama dengan sensor 13MP yang sudah dilengkapi dengan LED Flashlight untuk kebutuhan pemotretan dalam kondisi gelap. Kamera utama tersebut menggunakan lensa dengan bukaan (apperture) F2.0 untuk hasil foto lebih baik.

Sementara kamera depannya mengusung sensor 5MP dengan bukaan F2.4. Kamera depan tersebut juga didukung oleh Softlight Flashlight sehingga pengguna smartphone ini tetap dapat melakukan selfie meski dalam kondisi gelap.

ZenFone Live L2 memiliki berbagai mode pengambilan gambar dan video sehingga penggunanya dapat menghasilkan foto dan video yang lebih kreatif. Beberapa mode pengambilan gambar dan video yang tersedia mulai dari Beauty untuk foto potrait lebih baik, Panorama untuk pengambilan gambar ekstra lebar, hingga video TimeLapse.

Keamanan

Untuk urusan keamanan perangkat, smartphone Asus ini meskipun termasuk entry level ternyata dilengkapi fitur keamanan yang komplit dengan adanya teknologi face unlock.

Penggunanya pun dapat membuka smartphone ini tanpa harus memasukkan pin atau password. Cukup dengan mengarahkan kamera depannya ke wajah pengguna dan smartphone akan langsung terbuka.

Bagi pengguna yang menginginkan keamanan data lebih baik, ZenUI 5 telah dilengkapi dengan fitur File Manager yang terintegrasi dengan sistem Face Unlock di ZenFone Live L2.

Dengan demikian, orang lain tidak akan bisa mengakses data dengan mudah karena membutuhkan otentikasi biometrik penggunanya.

Kesimpulan

Dengan harga satu jutaan, penawaran yang diberikan Asus Zenfone Live L2 cukup baik untuk sebuah smartphone di kelasnya, terutama untuk urusan keamanan perangkat. Itulah mengapa dalam judulnya saya menyertakan frasa berjuta rasa.

Latest